Abdul Qahhar Mudzakkar Sang Patriot Pejuang Islam (Bagian Terakhir)

Saat-saat Terakhir

Pada tahun 1957 Kaso Abdul Gani sebagai seorang kepercayaan NII/TII Sulawesi Selatan yang berkedudukan di luar negeri, meresmikan pembentukan Pemegang Kuasa Organisasi (PKO) di luar negeri. Setahun kemudian Syamsul Bachri pada waktu itu menjabat selaku penglima Divisi I/Divisi Hasanuddin, oleh Abdul Qahhar Mudzakkar ditugaskan juga untuk keluar negeri. Disamping bertugas untuk mendampingi Kaso Abdul Gani di PKO, ia juga diberi kepercayaan untuk mengemban tugas-tugas khusus.

Ide Abdul Qahhar Mudzakkar untuk mengirim belajar putera-puteri Sulawesi keluar negeri, telah membuktikan bahwa Qahhar Mudzakkar memiliki cita-cita dan berusaha agar tidak terputus mata rantai perjuangan yang sedang dilakukannya waktu itu. Dan diantara yang telah dikirim keluar negeri untuk belajar ialah tiga anak kandungnya sendiri (anak-anak dari istri keduanya/ Corry van Stenus).

Mengenai masalah penugasan Syamsul Bachri keluar negeri, bukanya tidak mungkin Abdul Qahhar Mudzakkar juga berfikir akan altenatif, yaitu bagaimana jika seandainya terjadi sesuatu yang menimpa pada dirinya. Kemungkinan ia memiliki harapan bahwa perjuangan dapat dilanjutkan dibawah pimpinan seorang ahli perang sekaliber Syamsul Bachri. Oleh karenanya pada waktu itu dalam situasi yang masih memungkinkan, diantara mereka selaku pimpinan perjuangan dengan berat harus berpisah.

Dua hari sebelum keberangkatan Syamsul Bachri untuk melaksanakan tugasnya keluar negeri, Andi Masse Jaya menemui Syamsul Bachri di Suasua-Sulawesi Tenggara, yaitu daerah dimana Syamsul Bachri menjalankan tugasnya selaku komandan batalyon 40.00. Dalam pertemuan tersebut, Andi Masse menitikan air mata haru atas rencana kepergian tugas Syamsul Bachri dan dengan sedih ia menyatakan :

“Apa yang akan terjadi pada diri kami, setelah saudara berangkat keluar negeri? Saudara adalah seorang yang menjadi tumpuan kekuatan dalam kesatuan perjuangan, tempat dimana dapat mendiskusikan sesuatu yang dibutuhkan”.

Cease Fire Yang Menuntut Banyak Korban

Akhir 1961 sampai menjelang 1962, sekalipun banyak komandan pasukan ditugaskan keluar dan juga banyak yang keluar atas kehendak sendiri, namun kekuatan dan pertahanan mujahid NII/TII tidak berkurang, bahkan daya tempur mereka semakin meninggi. Hal ini terbukti serta terlihat ketika pihak tentara dibawah komando bekas KNIL memerintahkan kepada pasukannya melakukan operasi untuk menghancurkan mereka.

Operasi yang mula-mula dilakukan terhadap mereka adalah operasi Guntur yang dipimpin oleh Andi Sose selaku komandan dan Mayor Majid Yunus sebagai kepala staf. Pada akhir operasi Guntur, meskipun tidak dikatakan gagal, tetapi dapat dinyatakan sebagai suatu operasi yang tidak memberikan hasil sebagaimana yang diharapkan oleh para komandan bekas KNIL. Oleh karena itu kemudian dilanjutkan dengan operasi Kilat, operasi ini dipimpin sendiri oleh Deputi wilayah Indonesia Timur, namun rupanya operasi kilat ini juga tidak banyak memberikan hasil.

Pada waktu itu NII/TII sedang menguasasi keadaan dan telah memperluas pengaruhnya, dimana-mana rakyat memberi dukungan yang kuat dan sepenuhnya. Disaping itu juga terdapat kekuatan yang tersembunyi, yaitu mujahid yang menyusup dan berada dalam tubuh TNI sendiri. Sehingga semua itu telah membuat pasukan dibawah komando Yusuf dalam keadaan panik karena melihat ada bahaya yang setiap saat mengancam. Dalam situasi demikian, Abdul Qahhar Mudzakkar mengirim utusannya kepada Presiden Soekarno agar penyelesaian masalah di Sulawesi Selatan dan Tenggara diselesaikan secara persaudaraan dan tidak menggunakan kekerasan secara militer. Soekarno menerima usulan tersebut, melanjutkan permasalahannya kapada Jenderal Nasution sebagai penguasa Angkatan Darat.

Tidak beberapa kemudian terjadilah “cease fire” diantara dua kekuatan bersenjata. Pada tanggal 12 November 1961, Abdul Qahhar Mudzakkar mengeluarkan pernyataan cease fire, yang dilakukan dalam jamuan makan di pos komando (posko) Kodam XIV di Bone.

Selama cease fire, ternyata Yusuf cs melakukan tindakan politik adu domba diantara sesama TII terutama terhadap para pimpinannya serta bujuk rayu kepada para komandan gerilyawan dngan harta, kemewahan dan pangkat serta janji -janji jabatan yang menggiurkan. Akhirnya disebabkan karena tingkah polah Yusuf, kemudian Abdul Qahhar Mudzakkar membatalkan gencatan senjata dan memerintahkan kepada seluruh gerilyawan untuk kembali kepada posnya masing-masing.

Pembatalan gencatan senjata yang dilakukan Abdul Qahhar, segera dibalas oleh Yusuf, dengan mengadakan serangan-serangan. Operasi tersebut mereka namankan sebagai Operasi Tumpas. Dan yang kemudian berlanjut dengan pertempuran-pertempuran yang tidak henti-hentinya, sampai berakhir pada tanggal 3 Februari 1965.

Akhir Jihad Seorang Mujahid

Bertepatan dengan hari raya Idhul Fitri, pada 1 Syawal atau tanggal 13 Februari 1965, tiga buah peluru yang ditembakan oleh seorang prajurit yang patuh mendengar perintah atasannya telah menembus dada Abdul Qahhar Mudzakkar.

Pada hari berbahagia bagi ummat Islam diseluruh dunia, telah Syahid seorang hamba Allah yang bernama Abdul Qahhar Mudzakkar. Peluru yang membunuh Abdul Qahhar Mudzakkar itu, adalah peluru prajurit yang taat pada komandannya, sekalipun komandan tertingginya itu adalah bekas serdadu penjajah KNIL, yang tidak mampu menerima jika ajaran Islam menjadi berjaya di negeri-Nya.

Abdul Qahhar Mudzakkar sebagai salah seorang diantara hamba Allah yang berusaha untuk mentaati perintah-Nya, takut kepada siksa-Nya dan taqwa kepada-Nya. Semua yang telah dilakukan dan dijalaninya insya Allah adalah sarana untuk menang dan beruntung dihari mendatang.

Abdullah Ashal dalam wawancara yang ditulis di majalah Hidayatullah edisi 09/th XII Januari 2001, beliau menyatakan :

” Bapak meninggal tanggal 3 Februari 1965, bertepatan dengan hari lebaran. Saya sudah berumur 21 tahun. Mayatnya diangkat dari sungai Lasolo, memakai helikopter, tanggal 5 Februari, hari Jum’at, dibawa ke Makassar. Sya tinggal di Jakarta, kemudian menuju ke Makassar bersama dengan Mayor Jenderal Moersid (perwira dari Mabes AD). Pak Moersid ini teman Bapak sewaktu tahun 1950-an. Saya lalu menuju kerumah Bapak Ali Abdullah. Setelah Sholat Jum’at saya diantar ke rumah Bapak Andi Patawali. Disana saya memperoleh informasi bahwa Bapak ada di RS Pelomonia. Datang rombongan CPM yang mencari anak Qahhar. Saya ditunjuk, dibawa ke kantor CPM Kodam XIV/Hasanuddin. Disana ternyata telah berkumpul kakak saya Siti Farida, ipar Andi Sumange Patman dan paman saya Amir Tambas. Kami berempat kemudian diberi kesempatan untuk melihat mayat bapak di RS Pelomonia. Benar saat itu mayatnya sudah telanjang. Lukanya ada di bagian dada kalau tidak salah ada 3 luka bekas peluru. Saat itu kami yakin bahwa itu memang Bapak, mirip ketika saya melihatnya tahun 1961. Kami kemudian dihadapkan ke Kolonel Solihin GP, diberi nasehat bahwa Qahhar sudah meninggal. You anak-anaknya ngak usah ikut-ikutan, kalu sekolah ya sekolah saja”.

Sesungguhnya Mujahid tak pernah mati….

********

Catatan : Sebagian besar tulisan ini diambil dari buku “Profil Abdul Qahhar Mudzakkar : Patriot Pejuang Kemerdekaan Republik Indonesia dan Syahid NII/TII, Erli Aqamuz (Siti Maesaroh), Yayasan Al-Abrar, Rotterdam-Holland, 2001. Cetakan pertama di terbitkan oleh Yayasan Al-Abrar Ciputat Tangerang Maret 2007.

Erli Aqamuz (Siti Maesaroh) adalah putri bungsu dari Asy-Syahid Abdul Qahhar Mudzakkar dengan Hajjah Erlina Anwar (alm). Lahir pada tanggal 15 April 1949 di kota Solo. Menikah dengan Abdul Wahid Kadungga seorang aktivis Islam pendiri Young Muslim Asociation in Europe sebuah wadah yang menampung pemuda-pemuda Muslim di Eropa.

Tulisan sebelumnya :

26 Komentar

  1. Membahas perjuangan DI/TII tidk mngkin lepas dari keberadaan lembaga pendidikan khas NII-Kartosoewirjo, yaitu Institut Suffah. Kader-kader senusantaranya cukup berhasil dan mumpuni plu pantang menyerah. Salah satu alumnusnya adalah alm. Khoer Affandi, pendiri dan pemilik pesantren Manonjaya Tasikmalaya.

    Tidak hanya itu, seperti yg dilakukan oleh Kahar Muzakkar, Institut Suffah mengirimkan beberapa siswanya ke luar negeri, salah satunya ke Mesir. Kader-kader yang kembali dr luar negeri ini sekarang tampil sebagai sesepuh beberapa partai Islam dan harakah yang muncul ke permukaan….

    ———–
    Kopral Cepot : Maka Biar sejarah yang bicara 😉

  2. حَنِيفًا berkata:

    Insya Allah, para mujahid hidup di sisi Allah… Amin.

    ———-
    Kopral Cepot : Amin Ya Rabbal Alamin

  3. Vulkanis berkata:

    Mantap neh..reperensinya dah selesai

    ————-
    Kopral Cepot : Tararengkyu 😉

  4. sedjatee berkata:

    para mujahid selalu diperlakukan terbalik oleh sejarah
    sejarah kita banyak dimanipulasi
    semoga kebenaran akan terbukti
    semoga para mujahid mendapat tempat terbaik disisi Allah
    thanks infonya Kang Cepot.. salam sukses…

    sedj
    http://sedjatee.wordpress.com

    ———————-
    Kopral Cepot : Amin n tararengkyu 😉

  5. Roy Rey berkata:

    hihihihihi….
    sorry bos baru bisa mampir…..

    —————
    Kopral Cepot : Teu naon2 juragan 😀

  6. sikapsamin berkata:

    Weehhh…habis ya?!

    Baca dibagian PIAGAM MAKALUA, saya kok kebayang Moamar Khaddafi – Libya
    Btw, Erly Aqamus sampai saat ini masih tinggal di Rotterdam-(Negeri Keju)Holland ya?

    Mantabs pak Kopral
    Salam JASMERAH

    —————–
    Kopral Cepot : Ibu Siti Maesaroh (Erly Aqamus) sepertinya masih tinggal di Holland krn anak2nya sekolah disana … maaf sy kurang tau … hatur tararengkyu mas Salam JASMERAH.

  7. dildaar80 berkata:

    benarkah berperang sesama muslim itu jihad adanya?

  8. CELEBES berkata:

    smga prjuangan yg d lakukan para mujahidin tdk sia-sia. AMI

  9. ABU JUNDUL berkata:

    telah jelas antara yg haq &bathil,semua tergantung pilihan kìta,’hidup mulia atau mati syahid’ Atau ‘hidup menjadi pengkhianat dan mati terlaknat’..SEKARANG KAMI MENGHORMATIMU BESOK KAMI BERSAMAMU

  10. Asri berkata:

    So, sebenarnya kita hidup selama ini dalam kepalsuan sejarah dong!

  11. Lelyanggrainy berkata:

    Dia bukan sprang mujahid,dikarenakan hukum Islam setahu Sy tdk sprit yg d tercantum dalam Piagam MAkulau,,,,jngn pernah membuat kebohonongan sejarah,,,krn isi Piagam MAkulau itu sangat komunis tp dia cover deng ideologi Islam,,,,Sy tahu sifat kahar muzakkar bukan pahlwan atw mujahid tapi penjahat mengatasnamakan Islam,,,

    1. TS-AQM berkata:

      #Lelyanggrainy# kamu jng asal komentar…anak baru kemaren udah pandai mengkritik pejuang revolusioner islam pasca kemerdekaan RI. Kamu tau tentang apa mengenai sifat pak Qahhar ??? Apakh Pahlawan atw Mujahid brgantung pda eksistensi sifat s’sorang ??? Wah kyakx situ m’mliki paradigma komunis yg brniat mngaburkan sjarah prjuangan islam dan mncoba memcahkan pemahaman sjarah ditngah-tengah anak bangsa.. Sory, jangan hanya baca buku dong,,,skali2 bedah buku biar pngetahuan sejarahx mumpuni…baru deh ber-opini…Tq

    2. Fakih Yahman berkata:

      waah …….jangan jangan turunun komunis…….pola pikir …….pki

  12. Lelyanggrainy berkata:

    Kt bisa menguak sejarah religi dunia tentang yahudi,,senyatanya sepertinya Ada keterkaitannya dengan Piagam MAkulau,,,,yg salah satu tujuannya,,,memecahkan Islam dari dalam Islam bukan dari agama lain,,shinggga Lebih berbahaya,,,,

    1. TS-AQM berkata:

      Emangx PIAGAM MAKULAU itu yg buat nenekmu…shngga scepat dan smudah itu kamu merepresentasekan bahkan mengklaim kterkaitan Piagam itu dngan orientasi sjarah yahudi ??? Wah benar2, posting yang lebih brguna u/anak bangsa daripada membuat komentar yg kontroversial. Macam bgini nih yg buat moral anak bangsa makin semerawut…!!! terlalu bnyk orang bodoh yg berkomentar

  13. Hendra Gunawan, SS berkata:

    Terima kasih informasinya lumayan lengkap. Maaf saya tambahkan sedikit ditahun 1957, antara Bapak Kartosuwiryo dan Abdul Qahhar Mudzakkar serta Daud Beureueh ada perbedaan konsep tentang negara Islam. Abdul Qahhar Mudzakkar dan Daud Beureueh ingin negara Islam yang berbentuk federal sedangkan Bapak Kartosuwiryo ingin membentuk negara Islam yang berbentuk kesatuan/ NII. Tahun 1958-1961 Abdul Qahhar Mudzakkar dan Daud Beureueh bergabung dengan para tokoh PRRI dan PERMESTA membentuk Republik Persatuan Indonesia/ RPI. Tahun 1961-1965 RPI bubar maka Abdul Qahhar Mudzakkar membentuk Republik Persatuan Islam Indonesia/ RPII dan mengangkat dirinya sebagai Khalifah di Nusantara. Woullohua’lam.

    1. M.Hasudungan berkata:

      Agar jelas pendirian agan mengenai persoalan keseiringan Abdul Qahhar Mudzakkar dengan SM Kartosuwiryo. Silahkan dengar rekaman Pidato Kahar Muzakar di you tube.. https://www.youtube.com/watch?v=apibM_zrUxw.. Kutipan Pernyataannya adalah : ” 1. Perjuangan DI/TII , TETAP TEGAK” . DI = Darul Islam = Negara Islam / TII = Tentara Islam Indonesia . Jadi DI/TII = Negara Islam Indonesia. Kesimpulannya bahwa Abdul Qahhar Mudzakkar menyatakan bahwa . ” ” 1. Perjuangan ‘Negara Islam Indonesia’ tetap tegak .

  14. Hendra Gunawan, SS berkata:

    Maaf ralat: Tahun 1961 RPI bubar maka Abdul Qahhar Mudzakkar membentuk Republik Persatuan Islam Indonesia/ RPII (1961-1965) dan mengangkat dirinya sebagai Khalifah di Nusantara. Woullohua’lam.

    1. Syuhada berkata:

      SM kartosuwiryo pada des 1948 memproklamirkan NII di malangbong garut jabar…tapi gerakan separatisnya hanya di jabar saja …begitu juga dg daud beureuh dan kahar muzakar’…pengarunya hanya di wilayahnya masing masing kliatan gerakan yg me atas namakan islam ini bergerak parsial dari sisi kampanye…tapi sangat menikam dalam operasi gerilya nya..gerakan sparatis DI/TII di jabar adalah paling lama dlm sejarah makar negara..’ lebih 13 tahun…dg meakan korban belasan ribu rakyat dan tentara…

      1. putra palembang berkata:

        Sm kartosuwiryo dengan nii jabar nya kahar muzakar, ibnu hajar, amir fatah dan daut bireuh di aceh mereka semua bukan pemberontak bukan pengkhianat. Dimana letak kesalahanmereka. Seharusnya pemerintah pusatlah yang harus disalahkan dalam hal ini kabinet hatta, hatta ini yg paling bertanggung jawab bukan sukarno sebenarnya. Kenapa. Mari kita bedah sejarah sama sama dengan nurani yang benar. Kalau mereka mendirikan negara islam pada waktu itu tidak salah sebab yang memproklamirkan negara waktu itu banyak bukan karto suwiryo dkk saja. Waktu itu ada negara sumatra timur, ada negara sumatra selatan, negara. Pasundan, negara jawa timur, negara madura, negara indonesia timur, negara borneo.. Kenapa mereka tidak dicap sebagai pemberontak / pengkhianat bahkan negara negara itu diproklamirkan juga dan jelas didukung dan dibuat oleh belanda. Sedangkan kartosuwiryo dkk dengan nii nya kenapa tidak boleh kenapa tidak sah padahal tidak ada campur tangan belanda disitu. Situasinya begini mari kita berfikir jernih dan bersikap ksatria. Pada saat itu jawa barat berdasarkan perjanjian renvill bukan lag wilayah indonesia. Tetapi sudah jadi wilayah belanda, dan pasukan TNI di jawa barat dalam hal ini sili wangi harus mengosongkan jawa barat. Dan indonesia manut saja dan pasukan siliwangi ditarik ke jogja. Pasukan laskar hisbullah dan sabilillah pimpinan karto suwiryo dll tidak mau menuruti ultimatum belanda itu. Dalam hal ini sebenarnya karto suwiryo menemui dan Mintak restu jendral sudirman untuk tetap di jawa barat. Dan pak dirman seetuju dan memerintahkan kartosuwiryo dengan laskar hisbullah dan sabilillah untuk tetap tinggal di jawa barat yang telah menjadi wilayah belanda. Dalam keadaan seperti ini karto suwiryo memproklamasikan NII di wilayah belanda. Jadi karto suwiryo itu bukan mengkhianati indonesia. Tidak ada sangkut pautnya dengan indonesia. Jawa barat waktu itu tidak ada hubungannya dengan indonesia. Jawabarat adalah Wilayah belanda dalam hal ini NICA dan KNIL nya sebaghai tentara belanda. Kenapa indonesia pusing dengan proklamasi NII yang terjadi dibukan wilayahnya. Proklamasi negara negara lain diwilayah indonesia, indonesia tidak pusing wilayah indonesia di caplok belanda. Hanya tinggal jogja saja wilayah sah indonesia kenapa indonesia tidak pusing. Kenapa giliran NII diprolamirkan diwilayah belanda indonesia pusing sebenarnya tidak pusing hanya saja antek antek KNIL saja yang membesar besarkan masalah NII. Jendral sudirman saja tidak pernah mau menumpas NII . Karena secara hukum sah NII itu. Sebagaimana negara pasundan, borneo negara sumatera timur, negara sumatera selatan, negara indonesia timur, negara madura, negara jawa timur, kemudian ketika agresi militer KNIL ke dua jogja telah dikuasai. Sukarno hatta dan para mentri ditangkap belanda. Indonesia dinyatakan bubar oleh belanda disaat seperti itulah NII lahir. Kemudian siliwangi secara ilegal diperintahkan oleh jendral sudirman memasuki wilayah belanda di jawa barat. Dijawa barat selama ini yang mempertahankan dari belanda adalah laskar hisbullah dan sabilillah. Ketika perang pasukan siliwangi kemana. Kemudian puncaknya setelah perjanjian KMB. Indonesia kembaki kalah dalam perundingan. Indonesia jadi negara serikat kemudian membuat negara uni belanda yang diketuai oleh ratu belanda dan parahnya lagi KNIL yang harusnya menjadi tanggung jawab belanda karena KNIL itu tntara kerajaan belanda harus diterima masuk menjadi TNI yang bernama angkatan perang republik indonesia serikat ( apris ). Dan para laskar yang selama ini mayoritas dalam tubuh TNI di keluarkan dari dinas ketentaraan indonesia. Semua ini ulah mohammad hatta semua dia yang menandatangani selaku pemimpin delegasi indonesia dalam perundingan KMB tentu saja hal ini membuat murka para prajurit TNI. Yang berasal dari laskar. Mereka selama ini bertempur digaris depan bersama sama peta/ gyugun, heiho. Melawan kNIL kemudian tiba tiba KNIl jadi pahlawan Laskar di cap pemberontak karena tidak mau melaksnakan KMB. ♈α᪪ªª •͡ siapa yang mau. Diperlakukan seperti itu jelas jelas KNIL musuh bebuyutan TNI dan rakuat indonesia kok. Diterima jad TNI. Mereka dari peta/ gyugun, heiho sebenarnya marah besar juga dengan ulah pemerintah kabinet hatta jendral sudirman yang berasal dari peta marah besar sayangnya tidak lama dari itu. Jendral sudirman wafat kemudian dalam tubuh TNI KNIl yang tadinya minoritas menjadi kelompok mayoritas dengan tambahan dari 60.000 lebih KNIL yang selama ini memerangi dan membanrtai rakyat dan tentara indonesia. Setelah jendral sudirman wafat TNI dikuasai oleh KNIl semua panglima divisi berasal dari KNIL semua. Sedangkan faksi laskar yang selama ini mayoritas dalam tubuh TNI di keluarkan semua. Para komandannya dibuat non jop tanpa jabatan dan pasukan. Semua ini akibat ulah mohammad hatta semua is antek belanda. Jadi seperti itu sejarah sesungguhnya mari kita dudukkan perkara sebenarnya siapa pahlawan pejuang sejati siapa pengkhianat sejati. Jelas NII itu bukan pengkhianat jelas KNIL. Pengkhianat bangsa.

  15. saya pikir dan saya kira lebih banyak artikel dari bung kopral yang enak dan

    patut dibaca daripada memperso’alkan sesuatu yang kita sendiri saling bertabra –

    kan karena hanya dari sudut pandang yang berbeda.bravo bung kopral !!!

  16. markus berkata:

    intinya DI LUAR PANCASILA …HARUS MATI!!!!

    1. Fakih Yahman berkata:

      ini orang ngga tau aturan ISLAM ……dari pada hidup jadi penghianat,,,,,,,lebih baik mati terhomat,,,,,,,,,,

    2. putra palembang berkata:

      Bicara tentang pancasila di luar panca sila harus mati. ♈α᪪ªª •͡ sangat setuju memang begitu harusnya. Pancasila. Kamu tau tidak pancasila. Pancasila sila pertama adalah ketuhanan yang maha esa. Artinya negara ini harus berdasarkan ketuhanan. Jadi segala macam bentuk kehidupan berbangsa.dan bernegara harus berdasarkan ketuhanan. UUD 45 pasal 29 ayat 1 menegaskan negara berdasarkan ketuhanan yang maha esa. Ayat. 2. Negara menjamin kebebasan tiap tiap penduduk untuk memeluk agama dan menjalankan ibadah sesuai dengan agama masing masing. Jadi orang islam harus berdasarkan ketuhanan islam dan kehidupan beragama dan ibadah dalam negara. Termasuk menjalankan hukum islam. Karena menjalankan hukum islam adalah suatu kewajiban ibadah dalam islam yang di jamin dan dilindungi oleh pancasila. Dan UUD 1945. Begitu juga dengan orang kristen hindu budah silahkan buat undang undang berdasarkan agama masing masing. Tidak usah mencampuri urusan agama orang lain. Tapi pemerintah kenapa mengaburkan arti makna pancasila. Sila ketuhanan dibuat samar samar dibuat tidak jelas bahkan ingin dilenyapkan dari peraktek dalam bernegara. Lagi lagi ulah *ntek antek KNIL lah yang selalu ingin melenyapkan pancasila. Mari kita jalankan pancasila dengan konsokowen dan benar. Jika masih ada pihak sekolah, pemda, perusahaan militer, polisi yang melarang orang islam berjilbab tidak memberi waktu dan tempat untuk beribadah dalam hal solat puasa dll harus dihukum mati karena telah melawan pancasila. Dan UUD 45. Begitu juga dengan agama lain silahkan jalankan ibadah masing masing. jika ada pihak pihak yang menghalangi berarti melawan pancasila dan UUD 45 dan harus dihukum mati. Kita kupas dulu sila ketuhanan ini nanti dulu sila yang lain tuntaskan dulu sila ketuhanan.

Tinggalkan Komentar