Entah kapan dan di mulai dari mana, perkenalan dengan suarabawahtanah.co.cc yang menghubungkan saya dalam jemaah fesbukiyah dengan admin suara bawah tanah majalah online yang bernama Mas Batin. Apa dan siapa Mas Batin ? :

Kami menamakan diri sebagai Mas Batin (Masyarakat Bawah Tanah Indonesia), mungkin anda bertanya : “Mengapa harus Suara Bawah Tanah?”. Nama itu Kami pilih sebagai bentuk sikap kritis atas realita sosial kiwari, sebuah potret independensi sikap plus pemikiran untuk selalu berusaha tidak terjebak dengan gaya berpikir mayoritas masyarakat yang larut dalam budaya hedonis yang miskin idealisme.

Mas Batin hanyalah sebuah sikap kritis dan analitis terhadap disinformasi dan kepalsuan-kepalsuan sistemik tersebut lalu berupaya membedahnya secara dewasa, ilmiah, jauh dari sikap-sikap emosional. Majalah ini pun berupa ajakan untuk selalu mau belajar dan mengamati fenomena-fenomena yang ada di lingkungan terdekat kita. Karena kehidupan modern secara massal telah memproduksi kemalasan berfikir pada diri kita, khususnya generasi muda.

Mengungkap yang Tak Terungkap” adalah title majalah online gratis ini yang saya acung jempol 20 jari 😆 , karena bukan urusan yang  mudah  dalam mencari hal-hal yang tersembunyi, buram, suram, remang-remang ditengah-tengah disinformasi yang menggurita. Belum lagi suara minoritas belum tentu mendapat pengakuan sebagai sebuah kebenaran bahkan bisa-bisa hanya dikatagorikan sebagai “hoax” belaka. Disinilah letak perjuangan sebagai imbasan dari cyberwar dimana sikap kekritisan dan rasa tanggungjawab untuk memberikan berita atawa informasi yang “benar secara baik” hanya dimiliki oleh yang betul-betul memiliki idealisme yang tinggi.

Sikap idealis, kritis dan analitis memberikan sebuah power bagi siapapun untuk “mendadak” jadi penulis ataupun “mendadak” jadi puitis, karena pedang perjuangan dunia maya hanyalah kata-kata maka katalah yang jadi senjata.

Marilah sama-sama saling mengingatkan, saling belajar satu sama lain. Merekatkan tali-tali silaturahmi yang pudar, membangun kembali persaudaraan antar sesama. Karena ada kekuatan lain yang bekerja di dunia ini selain kejahatan.

Inilah pertalian saya dengan mas batin, pertalian silaturahmi untuk saling belajar,  saling berbagi informasi dan untuk share dengan teman dan sahabat kami diluar sana. Informasi sebagai mana nasi yang dibutuhkan untuk hak badani, maka informasi adalah salah satu yang dibutuhkan sebagai hak aqli yang akan dikunyah untuk diambil saripatinya dan menjadikan energi dalam memaknai hidup dan kehidupan di dunia fana ini. Dalam setiap informasi mungkin saja ada sampah atawa ampas nya maka bijaklah bahwa setiap ampas atawa sampah itu untuk dibuang ketempatnya masing-masing.

Berikut ini atas ijin dari mas batin, saya suguhkan majalah suarabawahtanah secara gratis …. silaken sedoooot 😀

Link Edisi 1 : Donlot Disini

Link Edisi 3:  Donlot Disini

Link Edisi 5:  Donlot Disini

Link Edisi 7 :  Donlot Disini

Link Edisi 9 : Donlot Disini

Link Edisi 11:   Donlot Disini
Link Edisi 2:   Donlot Disini

Link Edisi 4 :  Donlot Disini

Link Edisi 6 : Donlot Disini

Link Edisi 8 :  Donlot Disini

Link Edisi 10 :  Donlot Disini

Link Edisi 12 :  Donlot Disini

Informasi ter up to date selanjutnya dapat diperoleh di jama’ah fesbukiyah suara bawah tanah … silaken bergabung ria bersama 😉

Hatur tararengkyu buat semuah 😉