Biar sejarah yang bicara …….

Menggali jejak sukma nagara | Mengibas cakrawala mengepak mayapada | Melesatkan pikiran yang tak tembus peluru | Membiarkan hati bersuara

Hari Terakhir Kartosoewirjo

Misteri eksekusi wafatnya Imam dan Pimpinan Darul Islam/Tentara Islam Indonesia (DI/TII) Soekarmadji Maridjan Kartosoewirjo terungkap. Selama 50 tahun, pemerintah Soekarno dan Soeharto menyembunyikan lokasi eksekusi sang Imam.

Selama ini Kartosoewirjo dipercaya masyarakat dieksekusi dan dikubur di Pulau Onrust, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Bahkan ada makam yang disebut sebagai makam sang imam di sana. Ternyata salah besar.

Adalah sejarawan dan budayan Fadli Zon yang membuka misteri yang tersimpan 50 tahun lalu itu. Lewat buku ‘Hari terakhir Kartosoewirjo: 81 Foto Eksekusi mati Imam DI/TII’, terungkap Kartosoewirjo dieksekusi mati dan dikuburkan di Pulau Ubi, Kepulauan Seribu.

Sebenarnya saya belum liat apalagi baca buku ini. Buku ini baru akan diluncurkan oleh sang penulisnya Fadli Zon di Taman Ismail Marzuki hari ini. Hasil ngintip dari websitenya Fadli Zon, sedikit keterangan tentang buku “Hari Terakhir Kartosoewirjo

Buku ini ditulis dengan tujuan utama mengangkat sebuah fakta sejarah mengenai salah satu episode terpenting dalam perjalanan hidup Sekarmadji Maridjan Kartosoewirjo. Fakta-fakta ini jarang sekali, untuk mengatakan tak pernah sama sekali, terungkap oleh sejarawan Indonesia maupun peneliti asing baik dalam catatan mereka atau dalam publikasi ilmiah kesejarahan Indonesia. Inilah detik-detik akhir kehidupan Kartosoewirjo yang dieksekusi mati pada 12 September 1962. Peristiwa itu terjadi persis 50 tahun lalu.

Hingga buku ini ditulis dan diterbitkan, sudah puluhan bahkan ratusan publikasi yang mencatat baik langsung maupun tak langsung ulasan tentang perjalanan hidup Kartosoewirjo ataupun jejak sepak terjangnya dalam gerakan DI/TII (Darul Islam/Tentara Islam Indonesia). Namun, berdasarkan hasil penelusuran saya, belum ada satupun di antara publikasi tersebut yang memuat fakta yang dituangkan dalam buku ini. Sebuah fakta yang berbicara sendiri dengan bahasa gambar.

Fakta yang disajikan dalam buku ini belum pernah diangkat di media manapun. Publikasi yang ada mengenai Kartosoewirjo, banyak yang sudah secara detail memaparkan perjalanan hidupnya, pemikiran politiknya, sepak terjangnya dalam kancah gerakan nasionalisme Indonesia, perannya dalam gerakan DI/TII, hingga cerita mengenai tertangkap sampai wafatnya Kartosoewirjo.

Inilah beberapa foto yang berhasil diboyong kemari dari kaskus.co.id yang bersumber dari buku “Hari Terakhir Kartosoewirjo”

~ Sholat Tobat sebelum eksekusi~

~Foto Eksekusi SMK~

~ Tembakan terakhir dari komandan regu tembak~

“Buku ini ditulis dengan tujuan utama mengangkat sebuah fakta sejarah penting dalam perjalanan hidup Sekarmadji Maridjan Kartosowirjo. Inilah detik-detik akhir kehidupan Kartosoewirjo yang dieksekusi mati pada 12 September 1962,” jelas Fadli dalam bukunya.

“Tepatnya 7 Agustus 2010 saya mendapatkan koleksi foto-foto tersebut. Setelah saya selesai acara Java Auction (lelang benda-benda filateli dan numismatik) di Hotel Redtop, ada seorang kolektor yang menawarkan koleksi foto Kartosoewirjo. Koleksi foto ini adalah artefak sejarah yang penting,” tulis Fadli.

Artikel terkait :

  1. Hari-hari Terakhir ~Tah Ieu teh Hudaibiyah~
  2. Makam Imam Kartosoewirjo Dikeramatkan
  3. Yang Tersisa Dalam Cerita
About these ads

43 comments on “Hari Terakhir Kartosoewirjo

  1. Yatie Sufri
    September 27, 2012

    saya pengen beli buku ini. tau nggak dimana bisa dapatin buku ini?

  2. andi
    November 20, 2012

    Nasib SMK sm kaya Sayyid Qutb di Mesir.. di hukum mati sm temen sendiri.. hidup sejaman pula.. curiganya dulu mereka maen gundu bareng tp ga ngajak2 qt.. ;) just4kiding gan.. tp optimis sejarah yg sama ga akan terulang lagi !!

  3. doktertoeloes malang.
    November 20, 2012

    ” Experience is the best teacher ” katanya sikh : ” Pengalaman adalah guru yang terbaik ” . hemat saya pengalaman itulah sejarah , tergantung pada diri ini , untuk apa pengalaman dus sejarah itu. bisa dipergunakan untuk hal2 yang bermafa’at dan berguna bagi sesama kita . dengan kata lain demi kemaslahatan ummat manusia yang ada diatas bumi yang tiada berujung dan tiada bertepi ini . atau malah sebaliknya yang justru hal yang sebaliknya inilah mewarnai sebagian besar sejarah2 baik yang bersifat lokal , nasional bahkan internasional atau sejarah2 dunia.

    sm kartosoewirjo telah memulai sejarah itu . bahkan mewarnai sejarah kita yang bisa jadi yang semula sifatnya lokal , kemudian nasional bahkan internasional . jelasnya beliaunya telah memulai sejarah . pertanya’an sederhana saja …………………………” LALU KITA KAPAN ? ”

    ( mantan wartawan kampus : doktertoeloes malang ).

  4. fanynurfadillah
    Desember 17, 2012

    kalo ingin beli bukunya kira” dimana yah?

  5. Fadlun Ramadhany
    Desember 18, 2012

    ILUNI FIB UI mengundang Saudara/i untuk turut berpartisipasi dalam ILUNI FIB UI GATHERING 2012.

    Berikut ini acaranya:
    1. Bedah Buku “Hari Terakhir Kartosoewirjo”
    Hari/Tanggal : Kamis, 20 Desember 2012
    Pukul : 13.30—17.00 WIB
    Lokasi : Auditorium Gedung IX FIB UI.
    Pembicara : 1. Fadli Zon (Penulis Buku)
    2. Sardjono (putra Kartosoewirjo)
    3. Bondan Kanumayoso (Sejarawan UI)

    *FREE SNACK and CERTIFICATE*

    2. Petang Puisi VI (Kaleidoskop Akhir Tahun)
    Hari/Tanggal : Kamis, 20 Desember 2012
    Pukul : 17.00—23.00 WIB
    Lokasi : Lobby Gedung X

    *FREE SNACK*

    3. Fun Bike III
    Hari/Tanggal : Sabtu, 22 Desember 2012
    Pukul : 06.00—11.00 WIB
    Lokasi : Teater Daun Sirih FIB UI

    *FREE SNACK*

    Keterangan:
    • Jalur Fun Bike melalui jalan lingkar luar kampus UI Depok.
    • Sepeda sudah disediakan panitia.
    • Doorprize: Blackberry, sepeda, dan banyak lagi!

    Semua acara GRATIS dan terbuka untuk umum.

    Info dan pendaftaran:
    1.Dewi 08561466080
    2.Dodi 087882435187
    3.Inay 087877235353

  6. ariefsholihin
    Januari 28, 2013

    di gramedia ada gak ya?

  7. Dadank Wahyudi
    Oktober 18, 2013

    … tak terasa air mataku meleleh … hanya melihat gambar foto2 perjalanan akhir sang pejuang yg jadi TUMBALNYA negra …demi NKRI …semoga diterima di sisi Allah swt dan di Surga Mu yaa Allah ! Pengorbanan SMK tiada tara dalam perjuangan merebut dan mempertahankan kemerdekaan, … namun tragis kiranya ketika DI/TII MEMBAWA beliau ke perjalanan terakhir ! seperti yg kita baca bersama … Untuk generasi anak bangsa mendatang semoga perjalanan SMK dpat dijadikan pembelajaran sehingga bermanfaat bagi kehidupan bersama, Amin

بسم الله الرحمن الرحيم

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip Serbasejarah

Serbasejarah Community

RSS Koment tangkyu

Ter-apresiasi..

%d bloggers like this: