Biar sejarah yang bicara …….

Menggali jejak sukma nagara | Mengibas cakrawala mengepak mayapada | Melesatkan pikiran yang tak tembus peluru | Membiarkan hati bersuara

praja muda karana : PRAMUKA

pramukaGagasan Boden Powell yang cemerlang dan menarik itu akhirnya menyebar ke berbagai negara termasuk Netherland atau Belanda dengan nama Padvinder. Oleh orang Belanda gagasan itu dibawa ke Indonesia dan didirikan organisasi oleh orang Belanda di Indonesia dengan nama NIPV (Nederland Indische Padvinders Vereeniging = Persatuan Pandu-Pandu Hindia Belanda).

Oleh pemimpin-pemimpin gerakan nasional dibentuk organisasi kepanduan yang bertujuan membentuk manusia Indonesia yang baik dan menjadi kader pergerakan nasional. Sehingga muncul bermacam-macam organisasi kepanduan antara lain JPO (Javaanse Padvinders Organizatie) JJP (Jong Java Padvindery), NATIPIJ (Nationale Islamitsche Padvindery), SIAP (Sarekat Islam Afdeling Padvindery), HW (Hisbul Wathon).

Dengan adanya larangan pemerintah Hindia Belanda menggunakan istilah Padvindery maka K.H. Agus Salim menggunakan nama Pandu atau Kepanduan.

Dengan meningkatnya kesadaran nasional setelah Sumpah Pemuda, maka pada tahun 1930 organisasi kepanduan seperti IPO, PK (Pandu Kesultanan), PPS (Pandu Pemuda Sumatra) bergabung menjadi KBI (Kepanduan Bangsa Indonesia). Kemudian tahun 1931 terbentuklah PAPI (Persatuan Antar Pandu Indonesia) yang berubah menjadi BPPKI (Badan Pusat Persaudaraan Kepanduan Indonesia) pada tahun 1938.

Pada waktu pendudukan Jepang Kepanduan di Indonesia dilarang sehingga tokoh Pandu banyak yang masuk Keibondan, Seinendan dan PETA.

Setelah tokoh proklamasi kemerdekaan dibentuklah Pandu Rakyat Indonesia pada tanggal 28 Desember 1945 di Sala sebagai satu-satunya organisasi kepanduan.

Dari Kepanduan Ke Pramuka

Sekitar tahun 1961 kepanduan Indonesia terpecah menjadi 100 organisasi kepanduan yang terhimpun dalam 3 federasi organisasi yaitu IPINDO (Ikatan Pandu Indonesia) berdiri 13 September 1951, POPPINDO (Persatuan Pandu Puteri Indonesia) tahun 1954 dan PKPI (Persatuan Kepanduan Puteri Indonesia)

Menyadari kelemahan yang ada maka ketiga federasi melebur menjadi satu dengan nama PERKINDO (Persatuan Kepanduan Indonesia).

Karena masih adanya rasa golongan yang tinggi membuat Perkindo masih lemah. Kelemahan gerakan kepanduan Indonesia akan dipergunakan oleh pihak komunis agar menjadi gerakan Pioner Muda seperti yang terdapat di negara komunis. Akan tetapi kekuatan Pancasila dalam Perkindo menentangnya dan dengan bantuan perdana Menteri Ir. Juanda maka perjuangan menghasilkan Keppres No. 238 tahun 1961 tentang Gerakan Pramuka yang pada tanggal 20 Mei 1961 ditandatangani oleh Pjs Presiden RI Ir Juanda karena Presiden Soekarno sedang berkunjung ke Jepang.ref-1

PADA 14 Agustus 1961, Pejabat Presiden RI PM Ir. Juanda mengeluarkan Keputusan Presiden (Keppres) No. 238 tentang penetapan Pramuka (Praja Muda Karana) sebagai satu-satunya wadah kepanduan nasional dan mengangkat Sri Sultan Hamengku Buwono IX sebagai ketua Majelis Pimpinan Gerakan Pramuka pertama. Tanggal tersebut menandai ditetapkannya Hari Pramuka di Indonesia yang terus diperingati hingga hari ini. Meskipun penetapan Pramuka sebagai pandu nasional yang tunggal, sejarah gerakan Pramuka telah ada di Indonesia sejak 1912 sebagai bagian dari pemerintah kolonial Belanda. Pandu pertama telah ada pada 1916 dengan nama Javaanse Padvinders Organisatie” (JPO); berdiri atas prakarsa S.P. Mangkunegara VII. ref-2

Lambang Gerakan Pramuka

Lambang gerakan pramuka adalah tanda pengenal tetap yang mengkiaskan cita-cita setiap anggota Gerakan Pramuka. Lambang tersebut diciptakan oleh Bapak Soehardjo Admodipura, seorang pembina Pramuka yang aktif bekerja di lingkungan Departemen Pertanian dan kemudian digunakan sejak 16 Agustus 1961. Lambang ini ditetapkan dengan Surat Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka No. 06/KN/72 tahun 1972.

Bentuk dan Arti Kiasan

lambang pramukaBentuk lambang gerakan pramuka itu adalah Silhouette tunas kelapa. Arti kiasan lambang gerakan pramuka :

1.Buah nyiur dalam keadaan tumbuh dinamakan cikal, dan istilah cikal bakal di Indonesia berarti penduduk asli yang pertama, yang menurunkan generasi baru. Jadi lambang buah nyiur yang tumbuh itu mengkiaskan bahwa tiap anggota pramuka merupakan inti bagi kelangsungan hidup bangsa Indonesia.

2.Buah nyiur dapat bertahan lama dalam keadaan yang bagaimanapun juga. Jadi lambang itu mengkiaskan bahwa tiap anggota pramuka adalah seorang yang rohaniah dan jasmaniah sehat, kuat, dan ulet serta besar tekadnya dalam menghadapi segala tantangan dalam hidup dan dalam menempuh segala ujian dan kesukaran untuk mengabdi pada tanah air dan bangsa Indonesia.

3.Nyiur dapat tumbuh dimana saja, yang membuktikan besarnya daya upaya dalam menyesuaikan diri dalam mesy dimana dia berada dan dalam keadaan bagaimanapun juga.

4.Nyiur tumbuh menjulang lurus ke atas dan merupakan salah satu pohon yang tertinggi di Indonesia. Jadi lambang itu mengkiaskan bahwa tiap pramuka mempunyai cita-cita yang tinggi dan lurus, yakni yang mulia dan jujur, dan dia tetap tegak tidak mudah diombang-ambingkan oleh sesuatu.

5.Akar nyiur tumbuh kuat dan erat di dalam tanah. Jadi lambang itu mengkiaskan tekad dan keyakinan tiap pramuka yang berpegang pada dasar-dasar dan landasan-landasan yang baik, benar, kuat dan nyata ialah tekad dan keyakinan yang dipakai olehnya untuk memperkuat diri guna mencapai cita-citanya.

6.Nyiur adalah pohon yang serba guna dari ujung atas hingga akarnya. Jadi lambang itu mengkiaskan bahwa tiap pramuka adalah manusia yang berguna, dan membaktikan diri dan kegunaannya kepada kepentingan tanah air, bangsa dan negara Republik Indonesia serta kepada umat manusia.

Visi Pramuka

Visi dasar kepanduan sejak awal didirikan Baden Powel berada pada wilayah pendidikan nonformal sehingga berada pada ruang keterbukaan dalam melakukan penguatan, perubahan, dan kreativitas untuk kemajuan bagi anggotanya. Ini berbeda dengan pendidikan formal-informal yang dipenuhi birokrasi, prosedur, dan kekakuan-kekakuan. Pramuka memilik gerak yang lebih lincah dalam berinteraksi dengan perkembangan dunia luar yang demikian dinamis dan terus melesat cepat. Apalagi dalam AD/ART gerakan Pramuka tegas mengamanatkan bahwa Pramuka bertujuan membina mental-spiritual bagi generasi muda. Pramuka dapat diharapkan perannya yang lebih besar karena problem mental spiritual inilah yang saat ini menjadi penyakit krusial bangsa ini, termasuk pada generasi mudanya.

Terlebih, hingga hari ini, Pramuka bisa dikatakan sebagai satu-satunya organisasi kepemudaan di negeri ini yang paling steril dari hiruk-pikuk kepentingan ekonomi politik. Hampir tidak pernah ada kekisruhan di dalam Pramuka. Pramuka benar-benar bercitra bening, suci dalam pikiran, perkataan, dan perbuatan. Keunggulan inilah yang menyebabkan Pramuka dapat dengan tanpa hambatan masuk ke segala jenis dan jenjang pendidikan dari tingkat terendah hingga perguruan tinggi, bahkan di tengah-tengah masyarakat.

Keunggulan legitimasi yang demikian sempurna, selayaknya para aktivis dan pelopor gerakan Pramuka senantiasa mengolah aspek-aspek pedagogis, andragogis, dan psikologis dalam mewujudkan watak luhur generasi muda bangsa dan mandiri dengan segala bekal keterampilan praktis. Ini bukan pekerjaan mudah di tengah krisis bangsa yang dalam; mental generasi muda yang gandrung keinstanan, alergi terhadap proses perjalanan. Di pihak lain, pendidikan formal hanya mampu meng-cover aspek sedikit dari ranah kognitif, sementara afeksi dan psikomotorik menjadi barang langka.ref-2

Amanat Sri Sultan Hamengku Buwono IX pada Kongres 17 gerakan Pramuka di Jepang 1971 sangat luhur yang dalam mewujudkan kesiapan internal gerakan Pramuka yang paripurna. Anggota Pramuka bukan hanya dididik menjadi warga negara yang baik, tetapi juga menjadi manusia yang baik. Dalam rumusan pendidikan, Pramuka bertujuan membentuk good man (manusia yang baik), yaitu manusia yang berdaya, terdidik, dan berbudaya.

Selamat ulang tahun PRAMUKA INDONESIA, selamat berjuang… SALAM PRAMUKA

30 comments on “praja muda karana : PRAMUKA

  1. bri
    Agustus 14, 2009

    __siapkomandan…bacaini bridistorsi oohhginii pramuka__
    ___siapgrakkomandan..bacaini jadiygpertama commentdisini___
    __siapkomandan…bacaini menambah wacanahari ini___
    __salamprestasi komandan..salamkartini___

    • KangBoed
      Agustus 15, 2009

      pertamaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaxxxxxxxxxzzzzzz

      *nebeng kang*

  2. jalandakwahbersama
    Agustus 14, 2009

    Assalamu’alaikum,
    Hari ini, kita semua memperingati Hari Pramuka, sukses pramuka Indonesia.
    (Dewi Yana)

    • KAK RIKI X DKC
      Oktober 7, 2010

      SALAM PRAMUKA

      • Anis
        Oktober 28, 2012

        Salam Pramuka

  3. Peduli Pendidikan
    Agustus 14, 2009

    Info yang sangat menarik, kritis dan membangun…. trim’s

  4. masblankon
    Agustus 14, 2009

    Jadi inget waktu sekolahan … :)
    Salam Pramuka
    Tepuk Pramuka …
    Muda berkarya …

    • haniifa
      Agustus 14, 2009

      @Kang Kopral Cepot
      Saiyah malah jadi inget kemping… :D
      Duhh… menimbulken kenangan lama hehehe.

      • KangBoed
        Agustus 15, 2009

        hayu atuh urang kemping sasarengan.. irahanya

  5. Non Roti
    Agustus 15, 2009

    Tepok pramuka.. prok prok prok, prok prok prok, prok prok prok prok prok prok prok..
    Selamat hari pramuka semua! :)

  6. KangBoed
    Agustus 15, 2009

    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabatku terchayaaaaaank
    I Love U fulllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllll

  7. nusantaraku
    Agustus 15, 2009

    Anggota pramuka sampai tingkat apa Kopral?
    Salam Pramuka!

    ———–
    Kopral Cepot : Dari Siaga sampe Penegak (cuman sampe SMA) :)

  8. bri
    Agustus 16, 2009

    __komandan dapetaward daribri__
    __komandan ambil ia award(visualnya)__
    ___daribri buatteman___

    ———-
    Kopral Cepot : Hatur Tangkyu Bri … :)

  9. Bisnis Online
    Agustus 16, 2009

    pasti dulunya ikut pramuka juga yach :)

  10. alamendah
    Agustus 19, 2009

    nice post

  11. حَنِيفًا
    Agustus 19, 2009

    @Kang Kopral Cepot
    Wilu jeung wengi @Kang…

    —————
    Kopral Cepot : punten wengi mah tunduh :) … @Haniifa bisaan uy pake arab :D

  12. krishna
    September 5, 2009

    ….mampir Bos……ganti themenya ya?..

    ————-
    Kopral Cepot : Iya mas … “habis gelap terbitlah terang” he he he :) .. sekedar penyegaran … hatur tangkyu dah mampir.

  13. ariez dkc sMi
    Januari 31, 2010

    salam pramuka………….

  14. sobbul hasibuan
    Februari 18, 2010

    salam pramuka……………..
    aq baru gabung….aq ingin banget gabung ma teman2 pramuka se duia……..

  15. wedy cianjur punyaa
    Februari 19, 2010

    salam pramukaaa…

    salam kenal…..kaka kaka sekalian aku mo nanya…kalo praja muda karana tuh artinya apa..soalnya aku udah lupa…makasih atas pemberitahuan nya…

    ————-
    Kopral Cepot : salam pramuka … baca ajah de semuanya ;) klo sekarang Praja Muda Karana artinya ” Rakyat Muda yang Berkarya”

    • sahat banjar
      Juni 3, 2011

      kalo di wilayah jawa dan bali, karana itu patung yang perutnya gendut, hanya pake kain, tanpa baju, dengan tangan di simpan dibelakang.

  16. Dharmapala
    Juli 18, 2010

    Salam pramuka Om cepot… hehehehe Om cepot ternyata anak pramuka juga ya…. nih aku Marjikun yang punya blog http://laskardp.wordpress.com/, aku juga jd admin di blog resmi gugus depan dharmapa bengkulu http://laskardp.wordpress.com/ …. mampir ya Om.

  17. sahat banjar
    Juni 3, 2011

    tapi aneh…… knapa ya organisasi sesuci ini mau menggantikan tugas para pungli di jalanan, persis bk pengemis…. kasihan..
    orang-orang pramuka berdiri tegap dengan seragam lengkap berdiri dijalanan meminta pungutan kepada kendaraan yang lewat. sepertinya pramuka di peralat oleh orang-orang tertentu.
    saya tau, pramuka itu suci, orang-orang nya juga baek, tapi takut menegakkan kebenaran.
    ada apa di balik semua ini.
    selama saya sekolah, 1985 s/d 1993 saya sangat aktif di kepramukaan.

  18. sahat banjar
    Juni 3, 2011

    kalo boleh tau Pramuka ne apa sudah diakui oleh badan kepanduan dunia?

  19. putu ngurah gandhi swara
    Oktober 6, 2012

    Ini sangat bagus buat semua orang diseluruh indonesia dan di luar negeri

  20. doktertoeloes malang
    Oktober 7, 2012

    Baru tahu kali ini yaa sejarahnya pramuka itu , habisnya waktu di kepramuka’an dahulu belum pernah sich diterangkan cikal bakal kepramuka’an secara gamblang seperti ini . ( bisa jadi pembinanya juga kurang pengetahuan juga yaa ) paling2 yang diceritakan sejarah pramuka secara garis besar benang merahnya pramuka.

    ngomong2 yaa bung kopral , jelek2 begini waktu penggalang sich sudah tingkat asia – pacific lho , yang tingkat propinsi atau perkemahan kabupaten sudah tak terhitung jumlahnya , apalagi yang namanya persami perkemahan sabtu – minggu sudah tak terhitung mengikutinya . anehnya baru kali ini tahu sejarah pramuka , salah2 a’a kopral ini kepramuka’anya sudah tingkat mahir yaa , itu kepramuka’an nya yang diatas pandega atau pembina yaa . diam2 hebat juga a’a kopral ini……….salam pramuka ………salam hyppocrates cerdas !! (doktertoeloes malang).

    ————-
    Kopral Cepot : Bapak saya pembina pramuka… saya pramuka. Hal yang sama tidak tahu sejarah pramuka. Tapi kalo dng pengalaman bapak… jauh sekali.. paling2 saya cuman sampe tingkat kecamatan. Saya juga nyesel baru sekarang2 tau sejarahnya ;)

    • widio
      Juni 11, 2013

      lucu kalo ngaku anggota pramuka trus ngk tau sejarahnya……:D

  21. Nasya R idris
    Februari 17, 2013

    Pramuka! ya nama itu, nama yang sangat membanggakan bagi setiap anggotanya yang mengikuti organisasi tersebut dengan sungguh-sungguh. pramuka juga membawa banyak efek untuk kehidupan. pramuka itu suatu organisasi istimewa dan penuh dengan sejarah

  22. dennydublin@yahoo.co.id
    Juni 12, 2013

    apalagi lebih lucu lagi sudah nggak tahu sejarahnya itu pramuka , dan tidak per –

    nah menjadi pramuka . jadinya ” lucunya bertambah seru “.

بسم الله الرحمن الرحيم

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on Agustus 14, 2009 by in Sejarah Indonesia Baru and tagged , , , , .

Arsip Serbasejarah

Serbasejarah Community

RSS Koment tangkyu

  • Komentar di Sisingamangaraja XII (1845 – 1907) Pejuang Islam yang Gigih oleh Bhatara Simatupang September 17, 2014
    Mmng kalo kita brbicara sejarah Bangsa Batak baik tokoh maupun adat selalu trbentur dgn Agama. Dr literatur sejarah yg saya baca karangan Lance Castle - Kehidupan Politik Suatu Keresidenan di Sumatera ; TAPANULI, d situ d singgung ttng ajaran dan agama yg d jalankan SM RAJA XII agama "PARMALIM" tp coba kita telaah dari segi dan turunan Bahasa dari […]
    Bhatara Simatupang
  • Komentar di Mempersoalkan “Agama” Sisingamangaraja XII oleh Borpati September 17, 2014
    Benar adanya dan saya sependapat bahwa Sisingamangaraja tidak menganut agama mana pun (tidak: Islam, Kristen, Katholik, Hindu, Budha). Tidak juga agama atau kepercayaan PARMALIM. Perlu dicatat bahwa Istilah "agama/Kepercayaan PARMALIM" baru muncul pasca Sisingamangaraja XII, bersendikan ajaran BATAK asli dan kepercayaan Batak Asli yang dijalankan o […]
    Borpati
  • Komentar di Syarif Hidayatullah; Sunan Gunung Jati oleh Indra Ganie - Bintaro Jaya, Tangerang Selatan, Banten September 17, 2014
    Izinkanlah saya menulis / menebar sejumlah doa, semoga Allaah SWT mengabulkan, antara lain semoga tuhan mempercepat kebangkitan kaum Muslim, memulihkan kejayaan kaum Muslim, melindungi kaum Muslim dari kesesatan – terutama kemurtadan, memberi kaum Muslim tempat yang mulia diakhirat (khususnya Syarif Hidayatullah) – terutama mempertemukan kita di surga dengan […]
    Indra Ganie - Bintaro Jaya, Tangerang Selatan, Banten
  • Komentar di Raden Fatah alias Al-Fatah; Sang Pemimpin Muda oleh Raden Fadzly September 17, 2014
    saya adalah salah seorang keturunan Raden yg hidup di Pulau Pinang Malaysia... Terima kasih kerana berkongsi.... apa yang saya ingin tekankan adalah Moyang Raden Fatah memperjuangkan agama Islam dengan kuat pada usia beliau... Islam begitu gemilang ketika itu...
    Raden Fadzly

Ter-apresiasi..

%d bloggers like this: