Biar sejarah yang bicara …….

Menggali jejak sukma nagara | Mengibas cakrawala mengepak mayapada | Melesatkan pikiran yang tak tembus peluru | Membiarkan hati bersuara

Empat Tahun Mem-Biar-kan Sejarah Yang Bicara

If There Is No Struggle, There Is No Progress ~Frederick Douglass~

Sebuah catatan dua tahun silam dalam ruang hatur tangkyu

Maka ku biarkan sejarah yang bicara
Merangkai cerita apa adanya
Biar para pembelajar bisa membaca
Tentang liku peristiwa yang dibuat drama

Ku biarkan sejarah yang bicara sendiri
Meski distorsi berbalut kabut erupsi
Karena manusia punya hati
Angguk geleng semua pilihan diri

Ku biarkan sejarah yang bicara
Antara noda dan air mata
Antara cita dan buah karya
Dalam sujud yang berbeda-beda

Terlintas … tuk “Saatnya bicara
Tapi tak kuasa mengangkat pena
Meski sekedar merangkai kata
Yang ku jumpa hanya kalimat tanpa mengalir makna

Dalam sujud ku menulis
Hatur tararengkyu buat semua
Di rumah maya kita bersua
Menulis kata merangkai tawa

29 November 2010

Memahami masa lalu, digunakan untuk mencari jawaban. Meski tak selalu begitu tapi peran masa lalu sebagai referensi jawaban atas masa kini menjadi urgent untuk ditemukan. Sementara masa depan, Mahatma Gandhi bilang : “The future depends on what you do today“. Inilah yang menjadi alasan kenapa memahami masa lalu harus dari cerita yang benar bukan cerita yang dibuat-buat. Kepalsuan cerita masa lalu berakibat kemencengan jawaban atas masa kini yang berakibat ketidak lurusan jalan menuju masa depan. Yang selalu menjadi tantangan terbesarnya adalah tidak mudahnya penggalian kuburan jejak masa lalu, maka dari itu identifikasi sejarah tak bisa berhenti dalam satu titik tetapi harus dilakukan berulang-ulang.

Bila kita percaya bahwa “sejarah menjadikan orang menjadi bijaksana“, maka tentunya sejarah bukan untuk kepentingan masa silam tapi untuk masa kini agar masa depan menjadi lebih baik.

Menggali jejak sukma nagara sejak nusantara dihuni salaka nagara dan taruma nagara sampai nusantara berubah nama menjadi Indonesia dari Aceh Raya hingga nagara Papua. Nusantara banyak cerita, Indonesia tempat tinggal kita, menyimpan rahasia harta wacana sumur kedalaman dari peninggalan kaum militan. Sukma nagara yang merasuki siapa saja yang lapang dada, sukma nagara yang membekali para ponggawa tuk berdharma bagi nagara. (Kembali ke T.K.P – dua tahun lalu)

Sumur kedalaman sejarah terkhusus Nusantara memang tak habis-habisnya memancarkan air kehidupan, meski banyak manusia lalai mengsyukurinya. Mungkin itu pula sebabnya kenapa bangsa yang besar ini selalu sulit menjadi bangsa yang kuat dan beradab. Kondisi masa kini menjadi anomali dari negeri yang dikaruniai kelimpahan alam yang berlimpah ruah tapi ibarat tikus mati di lumbung padi, negeri terkooptasi oleh para penjarah dan penjajah. Ini diantara cermin para ponggawa negeri tak peduli pada sejarah negeri.

Kopral Cepot bukan dan tak pantas disebut sejarahwan meski Dr. Kuntowijoyo (alm) menilai siapapun berhak menjadi sejarahwan,  karena sang Kopral hanyalah “pewarta sejarah” (minjam istilah Pak Shohibul;) ) yang sedang men-Biar-kan  sejarah yang bicara. Pewarta yang sedang memutar kembali roda sejarah, mengembalikan ingatan agar “amnesia sejarah” tak menjangkiti anak negeri , agar “kebutaan sejarah” tak menghinggapi para pewaris negeri. Karena begitulah putaran waktu masa lalu yang semangkin menjauh telah luluh oleh kamanisan zaman yang mengedan, karena para penziarah telah melupakan sukma nagara sehingga sejarah habis terjarah oleh nafsu serakah. (Kembali ke T.K.P – dua tahun lalu)

jejak serbasejarahEmpat tahun sudah blog ini hadir sebagai teman dan sahabat dalam mencari jawaban-jawaban atas rasa ingin tahu tentang masa lalu atau mungkin mencari inspirasi bahkan kedatangan sahabat sebab tersesat atas petunjuk Om Google yang baek hati. Datang dan pergi dari banyak teman silih berganti memberi energi bagi blog ini untuk bisa hadir dengan informasi yang semoga tidak basi.

tulisan teratas

Dalam data statistik kunjungan selama 4 tahun, sudah lebih dari satu seperempat juta jejak pembaca telah “melirik” dan semoga membaca tulisan-tulisan yang ada disini. Tak ada yang bisa diungkapkan buat teman dan sahabat kecuali permintaan maaf yang sebesar-besarnya manakala ada kesalahan dalam tulisan yang dihadirkan di blog ini serta ucapan hatur tangkyu terima kasih telah menyempatkan bersilaturahmi dengan kami.

Diantara teman dan sahabat yang telah setia mengikuti tulisan-tulisan di blog ini, pada kesempatan kali ini secara khusus saya ucapkan terima kasih kepada Bpk. Doktertoeloes Malang  dan Bang MSF yang lebih dari satu tahun terakhir ini terus menyapa dan memberikan pencerahan di blog ini.  Dan tentunya hatur tangkyu buat semuah ;)

Jiwa sejarah adalah jiwa manusia. Jiwa yang tersimpan dalam jejak sejarah, dipahatan candi, ditulisan prasasti, terkubur atas nama batu nisan, di taman-taman para pahlawan, di tempat ziarah pengharap berkah, terpampang di nama jalan raya, stadion olahraga, di gedung-gedung tua, di kuburan tanpa nama. Jiwa sejarah adalah jiwa manusia, jejaknya terhapus, terlupa, terkubur, terdampar, terinjak-injak roda zaman, tertebas pedang waktu menumpahkan darah dan air mata pada tanah air yang dicinta. (dari tiga tahun serba-sejarah)

Jejak sejarah mengingatkan manusia yang pelupa !.

30 November 2012

About these ads

13 comments on “Empat Tahun Mem-Biar-kan Sejarah Yang Bicara

  1. kakaakin
    November 30, 2012

    Horee… Selamat ya, 4 tahun (ternyata) sudah berlalu dan PR 4 juga sudah didapat :D
    Semoga bisa terus berbagi pada pengunjung dunia maya.

    • Kopral Cepot
      November 30, 2012

      Wah dapet ucapan slamat dari kakaakin….. hatur tangkyu :D
      PR 4, Rank Alexa dan lainnya mungkin sekedar bonus saja… kemanfaatan bagi orang banyak itu yang terpenting.
      Skali lagi hatur tangkayu kaka…

  2. MSF
    November 30, 2012

    Semoga hari-hari yang telah berlalu
    Recehan yang telah dibelanjakan
    Pegil linu badan yang dirasa
    menjadi ibadah kebaikan
    bukan sia-sia
    “lowongan tuk ibadah masih ada”
    salam.

  3. doktertoeloes malang
    November 30, 2012

    ” SELAMAT DAN SUKSES ” ( ma’apin nggak pake karangan bunga …..abis di dunia maya sikh )

    doktertoeloes “swiss van java.”….

  4. novriexx
    Desember 7, 2012

    dah lama jg bos slamat y

    ———–
    Kopral Cepot : hatur tangkyu ;)

  5. arhsa
    Desember 30, 2012

    Lanjutkan…

    ——–
    Korpal Cepot : Siap …. laksanaken :D

    • arhsa
      Desember 31, 2012

      ketauan nih anak buah Pak Harto hehehe…

      ————
      Kopral Cepot : … yang mana daripada… :D

  6. dennydublin @yahoo.co.id.
    Januari 2, 2013

    Perlu panjenengan ketahui bpk/ibu/sdr.i arhsa idola saya adalah bpk.soeharto yang mantan presiden ke.2 indonesia itu. tentu panjenengan bertanya ” kenapa “. jawaban saya adalah ” KARENA BELIAU MENJADI PRESIDEN SELAMA 33 TAHUN ” bill clinton pernah berkata ” waktu kecil bapak telah presiden , sekarang saya presiden bapakpun masih tetap presiden “. itulah jawaban pasti mengapa beliau bpk. soeharto adalah IDOLA SAYA. ( dennydublin @ yahoo.co.id)

  7. dennydublin @yahoo.co.id.
    Januari 2, 2013

    dengan kata lain ” beliaulah orang yang paling kuat dan terkuat sepanjang sejarah berdirinya republik ini ” . karenanya saya mengidolakanya . bisa jadi ” level dunia “

  8. dennydublin @yahoo.co.id.
    Januari 2, 2013

    saya berharap panjenengan bpk/ibu/sdr.i arhsa ” bisa dan mau menghargai apa-apa yang menjadi hak yang paling dan terpaling dari setiap insan termasuk diri saya ” . sekali lagi ” saya meng IDOLAKAN bpk soeharto karena paling kuat dan terkuat sepanjang sejarah indonesia bahkan DUNIA “…. salam.

  9. dennydublin @yahoo.co.id.
    Januari 2, 2013

    ” Selamat Tahun Baru : 1 Januari 2013 ” . Semoga muncul lebih banyak lagi di negara ini orang2 kuat terkuat dan sukses selalu menyertai kita semua .God Bless You . ( dennydublin @ yahoo.co.id ).

بسم الله الرحمن الرحيم

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on November 30, 2012 by in Blog n Me and tagged , , , .

Arsip Serbasejarah

Serbasejarah Community

RSS Koment tangkyu

Ter-apresiasi..

%d bloggers like this: