Biar sejarah yang bicara …….

Menggali jejak sukma nagara | Mengibas cakrawala mengepak mayapada | Melesatkan pikiran yang tak tembus peluru | Membiarkan hati bersuara

Pancasila

Sebuah perenungan yang menarik tentang Pancasila 1 Juni 1945 bisa dibaca disini..

Mereka yang menulis tentang Pancasila

  1. Renungan 1 Juni :  Sukardi Rinakit
  2. Membumikan Pancasila : Josef M Monteiro
  3. Pancasila 1 Juni 1945 : Achmad Basarah
  4. Sisi Lain : Aroma Bung Karno
  5. Kisah Pasang Surut Pancasila Dalam Perjalanan Sejarah : Sociopolitica

Download Kongres Pancasila silaken disini…

About these ads

19 comments on “Pancasila

  1. sapta
    Juni 1, 2010

    semoga saya masih ingat lafadz pancasila..

    Pancasila:
    1. Ketuhanan Yang Maha Esa.

    2. Kemanusiaan Yang Adil Dan Beradab.

    3. Persatuan Indonesia.

    4. Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan / Perwakilan.

    5. Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

    ternyata masih ingat.. horeey..

    thanks pak kopral.. aku download dulu… :D

    • Usup Supriyadi
      Juni 1, 2010

      anak hukum kagak hafal pancasila sih, aneh. :lol:

      • Usup Supriyadi
        Juni 1, 2010

        pulang dari warnet saya mau baca buku tentang pancasila ah, karya TIM Fakultas Ilmu Filsafat UGM dan DR. Adian Husaini….

        hm….

  2. Padly Rahman
    Juni 1, 2010

    Kalau tidak salah, pleSETAN lagunya begini ya…

    “garuda pancasila… aku tak mendukungmu… patriot proklamasi… tak sedia berkorban untukmu… pancasila dasarnya apa? rakyat adil makmurnya kapan? pribadi bangsaku… enggak maju-maju… enggak maju-maju… enggak maju-maju…”

  3. suka suka
    Juni 1, 2010

    wah blognya bagus sekali, banyak dapat pencerahan salam kenal di kunjungan pertama ini, semoga bisa menjadi sahabatnya walau hanya di blog, salam

  4. Delia
    Juni 2, 2010

    Mudah2an pemimpin kita diatas sana hapal akan Pancasila ini, memahami dan mengaplikasikan nya terutama sila ke4 dan ke 5… :(

    selamat hari pancasila ^_^

  5. andipeace
    Juni 2, 2010

    atas nama pemuda bangsa indonesia saya tetap cinta tanah air dan tetap membaca buku…saya pemuda bangsa tanah air indonesia yang bepedoman hidup pancasila, selalu dan berusaha menerapkan landasan tersebut.
    siap untuk didownload.
    matur nuwun OM

  6. Adi
    Juni 2, 2010

    Go Indonesia! Walau gn2 msh cinta tnh air aku :D

  7. Tour, Food, and Health
    Juni 2, 2010

    lagu pancasilanya bagus juga tuh…enggak maju maju…enggak maju maju..mana bisa maju tanpa kerlingan nakal abang oby dari negara ‘my 2nd country’ ^^

  8. darahbiroe
    Juni 2, 2010

    selamat hari lahirnya pancasila
    hikz hikz aku lupa owq :D

  9. ralarash
    Juni 3, 2010

    kang kopral mau tanya dong..
    knp namanya harus Pancasila..
    kenapa gak Limasila??

    • kopral cepot
      Juni 3, 2010

      Katanya tuh dari ‘sangsakerta” … kayanyah bukan limasila tapi limapoint … duh ngak enak banget ;)

      btw kalo di”alay” ken gimana :lol:

    • ralarash
      Juni 3, 2010

      Pancasila kan sebenernya ajaran dasar moral agama Buddha
      aku sangat suka dengan isi dari pancasila..
      tapi ga setuju dengan namanya.. katanya Menjunjung bhs Indonesia tapi kok tidak pakai bhs Indonesia??????
      MY BIG QUESTION!!! please answer…

      • ralarash
        Juni 3, 2010

        nama ideology aja udah copy paste…
        gmn warga indonesia tidak berbudaya dengan wajar tentang copypaste..
        pengen meluapkan ini dari dulu.. tapi bingung…
        mungkin disini bisa deh..

        ————–
        Kopral Cepot : iYah dah copas ngak boleg diganti lagie :(

        • ralarash
          Juni 3, 2010

          mending keneh nganggo basa sunda ari kitu mah kang… :D

  10. paktung
    Juni 3, 2010

    saya agak heran dengan pernyataan ini (Pancasila kan sebenernya ajaran dasar moral agama Buddha, aku sangat suka dengan isi dari pancasila.. tapi ga setuju dengan namanya.. katanya Menjunjung bhs Indonesia tapi kok tidak pakai bhs Indonesia?????? MY BIG QUESTION!!! please answer…) …. semoga bukan pertanyaan dari “antek nekolim” anjing MALAYSIA … jika anda paham sejarah bahasa indonesia tentu ngerti asal bahasa indon yg dari “rencong+sanskrit dan jawi” … ahh percuma panjang lebar !!! intinya ini sebagai bukti bahwa pancasila sudah mengakar jauh ribuan tahun sebelum lahirnya NKRI 17 agustus 1945 … (semoga otak anda tidak terlalu tumpul untuk mengkaji tulisan saya ..!!!

  11. paktung
    Juni 3, 2010

    dalam konsepsi sejarah, tentu anda ngerti bahwa kita tidak boleh lepas dari masa lalu (bila mana anak berdosa karna meniru sifat bapaknya?) … ahh terlalu utopis jugak; tapi saya maklum dan mafum jika anda dari negeri yg tidak memiliki leluhur …. di negeri ini semboyan kawi (bumi kusuma wibawa cakti) atau sanskrit (jales veva jaya mahe) … atau rencong, atau malay … semua di pakai disesuaikan dengan asli daerah dan leluhurnya … ahh (knp .. saya gak yakin si ralarash ini paham ….) kenapa ya?

  12. itempoeti
    Januari 6, 2011

    kaget pisan…
    pas diklik kok larinya malah kadinyak…

    hatur nuhun ya Kang…
    diantos di imah abdi…

بسم الله الرحمن الرحيم

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on Juni 1, 2010 by in Wacana Kini and tagged , .

Arsip Serbasejarah

Serbasejarah Community

RSS Koment tangkyu

Ter-apresiasi..

%d bloggers like this: