“Sang Pembelajar”

Terdorong oleh beberapa tanggapan yang masuk ke “serbasejarah.wordpress.com”, halaman baru ini dibuat untuk sebebas-bebasnya “mencaci maki” atawa “memuji” yang empunya blog ini KOPRAL CEPOT. Semoga segala hal apapun yang masuk kesini bermanfaat khususnya bagi “Sang Pembelajar” Kopral cepot.

Komentar yang sangat berharga dari Bang Syariffudin Hutabarat yang di copas dari Sini.

Tanggapan pertama dari Bang Syariffudin Hutabarat
salam,
tulisan anda tidak ilmiah dan tidak ada bukti autentik disertakan dalam tulisannya dan semuanya asumsi,bisa benar dan lebih parah bisa menyesatkan, anda kopral cepot harus belajar sosiologi budaya batak di Bakkara tempat raja Sisingamangaraja,meneliti tentang budaya orang batak, dan meneliti literatur di perpustakaan di negeri Belanda sebagai tambahan literatur,mewancarai keturunannya yang masih hidup sebagai saksi sejarah,setelah itu semua sudah lengkap baru anda menulis tentang agama yang dianut Sisingamaraja XII, …..

Tanggapan kedua dari Bang Syariffudin Hutabarat
salam,
anda tidak layak untuk menulis sejarah Sisingamangaraja XII karena tidak punya data dan bukti dan masih mengutif “identik” dan itu menyesatkan,anda tidak layak untuk mempersepsikan sejarah kalau anda tidak punya data dan bukti karena itu akan merusak tatanan yang susah ada,apakah anda sudah siap di tuntut keluarga suatu hari kelak kalau tulisan anda menyimpang dari kebenaran yang di yakini keturunannya yang masih hidup saat ini.

saya bertanya pada saudara kopral cepot, tolong jelaskan masyarakat mana yang meyakini Sisingamangaraja islam dari suku aceh,kalau anda tidak bisa menjelaskan dengan data dan fakta yang bisa di pertanggung jawabkan berarti anda sudah memfitnah dan menyesatkan banyak orang dan itu hukumnya haram dalam ranah tulisan ilmiah.
Saudara kopral tidak menulis novel yang pelaku dan tempat kejadiannya fiktif, tapi anda menulis tentang Raja Sisingamangaraja XII sebagai pahlaawan Nasional Indonesia sebagai pelaku sejarah yang mengusir penjajah Belanda dari bumi batak.

saudara kopral jangan bermain-main dengan sejarah??? saudara kopral berhati-hatilah dalam mempersepsikan sejarah,bersifat ilmiahlah sedikit jangan seperti nenek moyang kita dulu yang tidak mengenal tatanan ilmiah dan kita generasi sekarang merobahnya, buatlah diskusi yang hangat,elegan biar saling membangun.
salam

Tanggapan ketiga dari Bang Syariffudin Hutabarat
salam,
kenapa tanggapan saya yang kedua tidak di posting dan merubah tanggapan anda,ada apa ini?
kalau saudara kopral cepot belum siap untuk menulis sesuatu secara ilmiah jangan dipaksakan dan anda menulis tentang sosok Pahlawan kemerdekaan repupblik Indonesia dan itu aset bangsa yang harus di hargai dan ingat jangan main-main dengan sejarah bangsa.
Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai pahlawannya dengan segala peristiwa yang terjadi saat itu.
tulisan anda jangan di posting di internet karena akan di baca seantero jagad dan janganlah penulis kontroversial yang tidak ada juntrugannya dan mamfaatnya dan itu tidak akan mencerahkan umat,terimakasih
salam

Kopral Cepot mencoba merespon.
@ Bang Syariffudin ; tulisan anda tidak ilmiah dan tidak ada bukti autentik disertakan dalam tulisannya dan semuanya asumsi,bisa benar dan lebih parah bisa menyesatkan, anda kopral cepot harus belajar sosiologi budaya batak di Bakkara tempat raja Sisingamangaraja, meneliti tentang budaya orang batak, dan meneliti literatur di perpustakaan di negeri Belanda sebagai tambahan literatur,mewancarai keturunannya yang masih hidup sebagai saksi sejarah,setelah itu semua sudah lengkap baru anda menulis tentang agama yang dianut Sisingamaraja XII,terlepas menganut agama apa tapi ada bukti ilmiah yang bisa dibuktikan dan diperdebatkan.

Kopral Cepot

    ; Tanks atas sarannya.. tapi jujur ajach bang, aku bukan sejarawan aku hanya orang yang mau dan sedang belajar sejarah. Secara pribadi aku tidak punya kepentingan apa2 terhadap agama yang dianut oleh Sisingamangaraja XII atau siapapun juga. Tetapi aku sangat menghargai dan saluuut terhadap ‘daya juang’ dari para pahlawan kita. berkenaan dengan posting ini aku ambil dari ;

 

    http://mjinstitute.com/sejarah/21-si-singamangaraja-xii-gugur-sebagai-pahlawan-islam

 

    http://khairulid.blogspot.com/2005/03/mempertentangkan-agama-sisingamangaraja.html

 

    Jadi skali lagi aku hanya “sang pembelajar”

@ Bang Syariffudin Hutabarat : anda tidak layak untuk menulis sejarah Sisingamangaraja XII.

Kopral Cepot

    : Memang aku tak layak menulis sejarah bukan hanya sejarah Sisingamangaraja XII saja sejarah yang lainnya juga aku tak layak bang. skali lagi aku hanya “sang pembelajar”. Setiap posting sejarah di serba sejarah aku berupaya untuk mencantumkan referensi baik berupa buku sejarah maupun hasil pencarian yang dibantu oleh mbah google. Kalo aku boleh jujur…. aku tuh berterima kasih sama mbah google yang telah membantu aku “sang pembelajar”.

@ Bang Syariffudin Hutabarat : kalau saudara kopral cepot belum siap untuk menulis sesuatu secara ilmiah jangan dipaksakan dan anda menulis tentang sosok Pahlawan kemerdekaan republik Indonesia

Kopral Cepot :

    he he he he … emang sih aku terlalu memaksakan diri untuk menulis sejarah di “serba sejarah” ini. Tapi klo aku engak memaksakan diri, kapan aku bisa belajar… ? 😀

@ Bang Syariffudin Hutabarat : ingat jangan main-main dengan sejarah bangsa. Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai pahlawannya dengan segala peristiwa yang terjadi saat itu.

Kopral Cepot

    : ……….. ? pusing jawabnya

@ Bang Syariffudin Hutabarat : tulisan anda jangan di posting di internet karena akan di baca seantero jagad dan janganlah penulis kontroversial yang tidak ada juntrugannya dan mamfaatnya dan itu tidak akan mencerahkan umat,terimakasih

Kopral Cepot

    :Terima kasih sarannya bang, tapi maaf dah terlanjur di posting di internet. kalo menurut aku pembaca internet itu pinter-pinter, bisa milih dan milah mana yang benar mana yang salah. kalo kebetulan tulisan aku salah… yang jangan diterima tapi kalo bener mudah-mudahan bermanfaat. Sesuatu yang “kontroversial” bisa mengasah otak kita untuk cerdas… dan kecerdasan awal dari pencerahan umat.

demikian tanggapan dari “sang pembelajar” KOPRAL CEPOT. dan beribu-ribu terima kasih buat Bang Syariffudin atas saran dan kritikannya, ini membuat aku semakin giat untuk belajar sejarah.

————–
Bagi yang mau memberikan tangggapan kepada “sang pembelajar” KOPRAL CEPOT…. di tunggu 😀

————————
Updet tgl 24 Mei 2009 Jam 8.08

“Sang Pembelajar” Belajar “Nge-Blog”

(email yang diterima dari “Ayo Ngeblog”)

Hasil Survey Blogger 2009
Posted: 20 May 2009 09:04 AM PDT


Blog hanya trend sesaat? Om Roy Suryo sepertinya perlu baca hasil Survey Blogger Indonesia 2009 yang dilakukan oleh konsultan kehumasan Indopacific Edelman bekerjasama dengan Blogfam, sebuah survey komprehensif pertama yang pernah dilakukan tentang blogger di Indonesia. Istilah trend sesaat yang pernah digunakan beliau itu ternyata bisa mencapai 2 tahun. Itulah salah satu hasil survey tersebut yang menyebutkan bahwa rata-rata orang Indonesia (61 persen dari responden) berhenti ngeblog setelah 2 tahun. Saya padahal berpikir hanya dalam hitungan bulanan. Soalnya memang ngeblog itu tidak mudah, membosankan dan memerlukan konsistensi.

Bagi saya, ini adalah wujud dari pendewasaan dunia blog Indonesia, setelah perlahan mulai meninggalkan masa-masa euphoria, masa narsis-narsisan, masa trend sesaat. Perlahan-lahan, para blogger itu otomatis mulai tersaring, dan yang bertahan adalah yang memang konsisten dan punya ‘passion’ dalam ngeblog. Ini nampak dari tingkat intensitas dan frekuensi ngeblog yang meningkat pada masa-masa awal ngeblog, lalu perlahan mulai stabil. Kenyataan ini juga ditunjang dengan hasil yang menunjukkan bahwa meski masih percaya pada media arus utama, namun kepercayaan sesama blogger ternyata cukup tinggi kalau sudah berkaitan dengan informasi yang mereka sajikan.

Survey ini membawa secercah harapan, terutama di tengah maraknya trend media jejaring sosial lainnya, seperti facebook yang konon telah merengut waktu orang untuk ngeblog. Memang facebook bisa jadi lebih trend saat ini. Tapi menurut dugaan saya, justru ini menjadi semacam saringan sehingga yang tersisa adalah blogger-blogger yang memang masih konsisten. Mereka-mereka inilah yang ikut menyumbang pada kekayaan konten internet di Indonesia.

Terus dari sini, kemana dunia blog Indonesia akan melangkah?

Dugaan saya adalah, blog semakin lama akan semakin mengarah pada blog-blog yang niche, blog yang lebih terfokus pada bahasan tertentu. Namun saya menolak banget-banget pendapat beberapa blogger “senior” yang terkesan mencoba “membawa” fenomena blogging ke arah yang menurut istilah mereka “lebih serius”.

Bagi saya, kelebihan blog adalah kenyataan bahwa setiap orang bisa punya media sendiri untuk mengungkapkan berbagai hal yang mereka inginkan dengan cara mereka sendiri. Mau ber lu-gua, mau cerita soal kucing yang tadi pagi keselek tulang, mau cerita soal cowok di kampus yang yang iih soo sweet, mau cari duit lewat copy paste artikel demi menaikkan traffic, atau malah mau mengulas soal fenomena politik yang njlimet, atau ilmu pengetahuan lain, itu semua adalah bagian dari kekayaan konten internet Indonesia. Bebas-bebas saja kok. Blog itu kan dunia yang bebas!

Bagi saya, istilah serius itu lebih pada konsistensi dan tanggung jawab untuk berbagi informasi melalui blog. Blog-blog yang dibuat untuk sekedar iseng, main-main, atau nggak penting, menurut saya perlahan akan ditinggalkan orang, dan otomatis si penulisnya juga akan bosan sendiri. Kecuali dia ngeblog untuk dirinya sendiri. Rasanya nyaris mustahil ada orang yang bisa tahan ngeblog selama 2 tahun kalau hanya untuk iseng semata.

Jadi, berhentilah berpikir bahwa blog anda tidak penting dan tidak serius dan teruslah berkarya. Kalau blog anda benar-benar tidak penting, anda dan pembaca blog anda akan tahu apa yang harus dilakukan!

Ayo ngeblog terus!

———————
Kopral Cepot : Tanks “Ayo Ngeblog” Anda telah mengajak saya untuk jadi “Uploder” bukan hanya “donloter”

UPDET 24 MEI 2009 Jam 11.04

Alhamdulillah Serbasejarah.Wordpress.com masuk 500 besar blog populer versi Blog-Indonesia per tanggal 24 Mei 2009.

blog indonesia

How popular is your blog ?
Dalam Versi Bahasa Indonesia kira-kira begini :

    Setelah blog anda masuk ke dalam daftar, kami akan memonitor setiap kunjungan yang anda terima melalui situs ini. Data ini kemudian dikumpulkan, dibersihkan dan dihitung untuk menentukan peringkat blog anda bersama blog-blog lain yang juga terdaftar di sini.

Peringkat ini tentu saja tidak menentukan popularitas suatu blog secara umum. Banyak blog-blog yang sangat populer walaupun tidak terdaftar di sini. Peringkat ini hanya menunjukkan apakah dengan terdaftarnya blog anda di situs ini telah membawa manfaat berupa kunjungan ke blog anda atau tidak, dan bila ya, seberapa besarkah manfaat tersebut secara relatif bila dibandingkan dengan blog-blog lain.

Tentunya popularitas versi Blog Indonesia ini setiap harinya berubah-rubah.. bagaimanapun dan berapapun rangkingnya Semoga Blog ini benar-benar memberikan manfaat …..

—————————————–
UPDATE 1 JUNI 2009

Ini tidak ada hubungannya dengan tanggal 1 Juni sebagai hari bersejarah lahirnya Pancasila … tetapi berkenaan dengan “membaiknya” ranking serbasejarah.wordpress.com versi Blog-Indonesia. Dari 8816 blog yang terdaftar di Blog Indonesia, secara “mengherankan” n “mengejutkan” dan mungkin sedikit “mengharukan” 🙂 per tanggal 1 Juni ini ranking blog ini ada pada rangking 314. Semoga membaiknya ranking “serbasejarah” memberikan arti bagi membaiknya kesadaran rakyat Indonesia untuk menghargai sejarah bangsanya.

Banyaknya teman/sahabat yang memberikan komentar berupa masukan-masukan dalam hal konten, penulisan, maupun terhadap personal pengelola blog ini membuktikan bahwa sebenarnya kita sebagai bangsa sangat menginginkan mengerti dan memahami seluk beluk sejarah Indonesia. Sebagai pengelola blog ini saya haturkan hatur tangkyu atas segala masukannya.

rank blog Indonesia-2

rangking per 1 Juni 2009 … tentu tak akan ada arti apa-apa kalo tidak memberi manfaat …

UPDATE 11 JUNI 2009
Katanya ranking Alexa punya hubungan dengan popularitas sebuah web atau weblog .. (saya kurang mengerti tapi baca2 di blog tetang internet).. hari ini “serbasejarah.wordpress.com” memiliki rangking 579.114 .. semoga Sejarah semakin populer dan diminati masyarakat.

Rank Alexa-2

UPDATE 18 JUNI 2009
ini terakhir mengupdate rank alexa .. per 18 juni ada di urutan 486.636 .. selanjutnya mau berapa juga engak masalah (emang sebelumnya masalah ? 🙂 ) … update selanjutnya bukan tentang “belajar trafic” ..
rank alexa-3

Salam Perubahan

91 respons untuk ‘“Sang Pembelajar”

Add yours

  1. Wah, thanks Kopral Cepot. Banyak bahan disini yang saya jadikan referensi tambahan. Jujur saja, selama ini referensi bebas yang dapat diperdebatkan masih sedikit. Sementara referensi yang ada membuat otak saya ‘stuck’ seolah-olah dipaksa menelan sebuah ‘kebenaran’ yang masih sangat dipertanyakan.

    Oke, maju terus, tambah terus yang ada. Moga-moga dari sini saya akan buat forum kajian khusus di lingkungan saya untuk membahasnya per tema.

    Thanks atas share yang sangat berarti ini.

    —————–
    Kopral Cepot : Hatur tararengkyu …. moga manfaat n sukses slalu 😉

  2. Saudara kopral cepot, saya tertarik dgn kritik dari BS Hutabarat menyangkut tulisan SM Raja. Saya kira memang dalam postingan sebaiknya selalu didukung oleh berbagai sumber yg terpercaya dan tentunya akan lebih baik bila sumber itu juga disebutkan dalam postingan ybs.
    Kita harus bersikap dewasa, pembaca tidak semuanya pintar2… sebagian menerima apa adanya saja, sebagian lagi mungkin mencari penjelasan lain….
    Sebagai penulis, kepintaran saja tidaklah cukup, kejujuran juga sangat diperlukan…. dalam hal ini kejujuran bahwa kita sendiri tidaklah pernah ikut mengalami peristiwa sejarah itu sendiri, kita hanya mendengar, membaca, atau melihat tayangan dari sejarah tersebut….. kejujuran untuk memberitahu pembaca darimana kita mendengar, membaca, melihat tayangan peristiwa sejarah tersebut tentunya sangat dibutuhkan dari anda sebagai seorang penulis…. daripada harus dituduh sebagai seorang penyesat….

    Selamat berjuan….
    Salam

  3. From the protest from Mr. Syariffudin Hutabarat, I know who’s wrong or right at a glance.
    Mr. KopralC, your answers is strightly-confident answer. But, the literature as footnote is good idea.
    Whatever, Mr. Syariffudin Hutabarat should write the antitesis against KopralC with proven and some evidence. That’s the common ‘healthy-fight’ in written product. Brain to brain, not brain to hammer (as used by Indonesian-judge).

    Ok then, I’m waiting you two: ‘the changes’.

    Weh, gayya pisan boca bahasae ca!
    Kaya kang iya bae… lah!
    Aja suarrrrrrra bae.

    BTW, good blog. You’re inspiring and make my brain a more bright light!
    Hope Alloh give you in return. AlFateha recite was SENT to Mr. KopralC!

  4. doktertoeloes malang :saudaraku yang baik (baik karena maemberikan pengetahuan yang luas) kopral cepot ,belajar sampai keliang lahat .
    semangat yang tinggi dalam menuliskan sejarah dari saudaraku kopral cepot jarang dimiliki belum tentu oleh setiap insan (sekalipun sejarawan
    atau pustakawan),apalagi macam aku terus terang saja kalah semangat sama kopral cepot. bisa jadi karena semangatnya yang berapi -api dari kopral cepot ada kosa-kata tata-bahasa yang istilahnya nyelip, nyalip dan tidak berkenan dari daerah tertentu (yang kadang sifatnya keras ) dari sisi yang lain setelah saya baca dengan seksama artikel blog yang dipersoalkan ( bukan dimasalahkan) daftar rujukanya mungkin masih kurang banyak sedikit.hak dari setiap pembaca untuk mengkritisi pahlawanya (yang notabene dari daerah yang sama ) tapi lebih elegant lagi seandainya memberi masukan dan tidak mengarah pada pihak yang berlawanan (tidak ngefront maksud saya ) ditambah dengan keterbatasan halaman yang tidak mendukung .sehingga lebih konstruktif dan tidak destruktif.ada pameo atau peribahasa : setitik tuba rusaklah susu sebelanga.kita semua perlu belajar (agar tidak tergilas dan ketinggalan aiias tetap survive ).belajar dari yang namanya sejarah,bukan belajar dari kopral cepot.ngomongku kok ngalor-ngidul seperti orang arifbijaksana saja.MARI KITA KEMBALI LAGI BELAJAR DARI SEJARAH !! ( orang madura : mosso tretan dhibik jag ngok-ngokan )

    ——————
    Kopral Cepot : Hatur tararengkyu buat saudaraku “Dokter Toeloes Malang” atas masukannya baik pada kolom komentar disini maupun di tulisan lainnya, Sudah tiga tahun (2008 – 2011) usia blog ini dan mungkin usia pembelajaran saya lewat banyak posting yang ada disini (sudah lebih dari 450 posting). Setiap waktu saya mencoba belajar dari membaca bukan hanya postingan, buku, googling dan lainnya. Tetapi saya juga banyak belajar dari semua komentar yang masuk kemari baik yang pro ataupun kontra. Semua membuat saya belajar apa yang dimaksud dengan “saling memahami”. Setiap jejak yang tertulis disini saya membiarkan apa adanya sesuai motto : Biar sejarah yang bicara … karena dengan demikian saya akan tahu apa itu “SALAH”. Sekali lagi hatur tararengkyu … dan mohon untuk terus memberi masukan 😉

  5. I have recently started a web site, the information you provide on this site “Sang Pembelajar” Biar sejarah yang bicara ……. has helped me greatly. Thanks for all of your time & work. “Character is much easier kept than recovered.” by Thomas Paine.

  6. assalamualaikum a’a kopral yang lucu , ditunggu-tunggu nih (tapi nggak nongol-nongol ,sampai lama menunggunya, ingat a’a kopral orang bule bilang ” time is mo ney “, tahu sendirikan artinya). sambil ” berpasien-ria ” (maksudnya nunggu pasien nih ), BACA – BACA CERITA @ HUMOROLOGICNYA A’A KOPRAL YANG KONYOL DAN BENAR2 LUCU , BISA CENGAR-CENGIR SENDIRIAN , dikiranya orang stress atau tidak waras ( karena konyol dan lucunya @ humorologicnya a’a kopral ). mohon sama a’a kopral diteruskan atau diterbitkan lagi @ humorologicnya itu (ma’af tulisanya kalau keliru), sepertinya sang pembelajar yang perlu sedikit hiburan dan suasana segar ,diriku sang pembelajar memerlukan suasana santai. ditunggu seri @humorologic berikutnya. wassalamualaikum wr wb – salam sunda sadayana . (doktertoeloes malang).

    ———-
    Kopral Cepot : Wa’alaikum salam wr.wb. … Maaf pak dokter yg lucunya sebelah mana yah 😆 😀 … “time is money” emang lagi banyak urusan dapur hingga belon bisa menghadirkan “kesegaran” yang baru di blog ini. Maaf skali lagi dan moga “pasien-nya” dapat kesembuhan dari Allah SWT. Selamat bertugas

  7. assalamualaikum a’a kopral , berkomentar dalam artikel ” SXiiPIYG ” ada 331 komentator disitu ,kesemuanya telah dan sudah saya baca (termasuk tag lain yang berhubungan dengan ” SXIIPIYG ” ini) saya tahu semula secara sepintas dan selintas (karena saya orang medis dan sama sekali bukan sejarahwan) tentang tokoh pahlawan kita yang tercinta ini ,tetapi sekarang secara detail mengetahuinya sampai seluk beluk kehidupan orang2 batak (notabene saudara kita juga khan), bisa jadi pengetahuan yang kuperoleh secara tidak langsung karena keingintahuan masalah wawasan pengetahuan an sich. (terimakasih kepada a’a kopral dan komentator2). saya ingin menukil dan mendudukperkarakan tentang hal yang menyinggung kehidupan rosululloh sumber cahaya kehidupan kita bersama. (komentar yang sesat menyesatkan bagi pembaca yang seiman dengan diri saya). perlu diketahui ibunda Siti Aisyah r,a menikah dengan rosululloh dalam usia 9 (sembilan) tahun BUKAN 6 (ENAM) TAHUN seperti yang dikatakan sang komentator orientalis ,kemudian menjadi suami-isteri seperti yang kita alami (tentu memberikan nafkah lahir dan bathin) ibunda Siti Aisyah r,a pada usia 13 (tiga belas) tahun – BUKAN 9 (SEMBILAN ) TAHUN seperti komentar sang orientalis. SAYA MENSOMASI atas komentar kehidupan rosululloh yang mengarah pelecehan dan fitnah tersebut. kita bisa menjadi PEMBELAJAR disini dengan rentang waktu antara 13 – 9 = 4 , 4 (empat) tahun beliau rosululloh menunggu sampai datang sa’atnya tiba. pada usia ibunda Siti Aisyah r.a 13 (tiga belas) tahun , baru didekati oleh rosululloh artinya pada umur2 sebaya itu sudah menstruasi (ma’af) atau datang bulan yaitu terkelupasnya atau terbuangnya sel telur dari corpus luteum seperti yang dialami para wanita pada umumnya. boleh dibuktikan wanita bangsa arab (yang di arab saudi tentunya dan bukan disini di indonesia ) usia sebaya 13 (tiga belas) tahun perempuan bongsor2 -kalau disini bisa jadi kecil2 alias tidak bongsor atau tidak gede. referensi yang dipakai bisa jadi SALAH DAN DENGAN INI SAYA BERI REFERENSI ATAU DAFTAR RUJUKAN ATAU DAFTAR PUSTAKA YANG PASTI BENAR (subhanalloh). pembelajaran yang kita peroleh selama 4 (empat) tahun menunggu adalah sifat mulia yaitu kesabaran harus kita tiru yang mengaku sebagai ummat beliau. semoga syafa’at beliau rosululloh kita peroleh kelak dikehidupan berikutnya yang lebih kekal dan abadi tentu saja. mengenai kebhineka’an tunggal ika boleh diambil hikmahnya sendiri2 sebab bapak dan ibu guru kita telah memberikan contoh dan suri tauladan (hampir keseluruhan hidup kita di bangku sekolah khan). B E R S A M B U N G – to be continued. ( mantan humas majelis dzikir dan taklim : doktertoeloes malang).

    ————
    Kopral Cepot : Wassalamu’alaikum wr.wb … hatur tangkyu atas “somasi” bapak terhadap komentar di “SXiiPIYG”… komentar yang menurut bapak dari “sang orientalis” sebenarnya itu “celotehan usang” yg banyak dijumpai dari para “murtadin” Faith Freedom International yang terus-menerus disebarkan untuk menebar virus bagi Ummat. Klo bapak berkenan untuk membaca yang “lebih dahsyat” lagi bisa dilihat di FORUM MEREKA disini. Saya pernah masuk dalam forum itu dan tanggapan saya tdk pernah dimuat, makanya sy tdk menanggapi komentar itu disini meski tdk “mendeletnya” karena saya yakin banyak dari kita yang bisa mendudukan persoalan secara benar dan jelas termasuk pak doktertoeloes… hatur tararengkyu … moga berkah dan sehat slalu.

  8. salam.
    kopral, ini kunjungan tahunan he…

    saya setuju dengan AyoNgeblog. blog saya dilahirkan 27/12/2008, sampai sekarang 18/4/2012 sudah hampir 4 tahun dan masih eksis walau jarang diupdate karena saya ingin post yang bermutu dan bisa bermanfaat bagi orang lain.

    pengguna blog akan mengerucut pada mereka yang suka menulis dan sharing. bukan sekedar trend sesaat. hal ini saya nikmati dalam mencari panduan Sistem Operasi Linux di internet, sangat banyak dan bermanfaat.

    tentang blog Anda ini saya sangat mendukung keberadaanya. minimal kita melihat sejarah menurut versi kita sendiri (dengan data yang kita yakini) untuk kita yakini. tidak melulu mengamini tulisan orang lain. sebab, ada banyak distorsi sejarah yang sudah kadung ditulis-diyakini dan diajarkan yang seharusnya tidak terjadi.

    Buku Api Sejarah Ahmad Mansyur suryanegara cukup bagus untuk dijadikan referensi oposisi bagi buku-buku yang katanya ilmiah namun masih perlu dikaji ulang.

    ———
    Kopral Cepot : salam kembali …. hatur tangkyu atas kunjungannya … malah saya sudah lawas tidak pernah berkunjung ke rumah “Goresan Pena” Maaf’s sekali…. betul skali mas, saya khususnya sedang belajar arti “konsistensi” untuk mencoba sekemampuan menghadirkan apa yang saya baca yang mungkin berguna bagi yang lainnya….. rekam jejak sejarah masa lalu bukan sekedar etalase yang dipajang di buku-buku “babon” atau buku acuan sejarah dengan maksud tertentu, tetapi menggali presfektif lain dalam sejarah yang keluar dari “keseragaman” diharapkan masa kini dan nanti bisa lahir generasi2 yang lebih kreatif dan inovatif… btw hatur tangkyu masih mengingat saya disini 😉

  9. SAYA INGIN MENCACI MAKI KOPRAL CEPOT

    Hey kopral cepot ……
    Hey……..
    Hey……..
    Hey……..
    Hey…….. Hey…….. Hey……..
    Hey…….. Hey…….. Hey……..
    Hey…….. Hey…….. Hey……..

    Heeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeey
    Jangan seenaknya jadi Kopral melulu ya.

    Memalukan……. kan kan
    Memilukan…….. kak kan

    Kaaaaaaaaaaaaaaann kaya angkat jadi Jendral
    kok senangnya jadi Kopral melulu.

    APA HARUS SAYA SEBUT KOPRAL JENDRAL?

    Sekian caci maki saya

  10. SAYA INGIN MINTA MAAF SAMA KOPRAL CEPOT

    Den Kopral
    Saya engga marah kok.
    Saya juga heran kenapa saya engga bisa marah sama Kopral Cepot?

    Saya tadi marah bohong-bohongan
    Heheh………..

    Minta maaf ya………

    Udah jangan nangis……
    Heheh……….

    ——
    Kopral Cepot : he he he he 😀

  11. hanja oerang-orang bodoh (batja: tjelenoe) jang menjeboetkan sedjarah itoe sebagai peladjaran sampah jang tiada berharga (terlebih sedjarah islam fii indonesia) sehingga tidak oesah dipeladjari. padahal kalaoe dia maoe merenoengkjanja lebih dalam, maka dia akan tahoe, bahwa sedjarahlah jang memaksanja oentoek berpendapat seperti itoe. dengan kata lain, dia produk sedjarah jang salah (bikinan thogoet la’natoelloh).

    kang kopral, i’m on you… kemon kang!!! 🙂

  12. yang jadi pemberontak di negri ini agamanya paling Islam atau hindu/budha sebab kristen justru di bawa oleh penjajah ( portugis/belanda) karena mereka misionaris

بسم الله الرحمن الرحيم

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog di WordPress.com

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: