Insya Allah, tanggal 27 November 2011 menurut kalender bertepatan dengan 1 Muharram 1433 H. Agaknya bukan waktu yang asing bagi kita khususnya umat Islam. Tahun baru dalam kalender hijriah, tahun baru bagi umat Islam sedunia. Bulan Muharram adalah bulan yang menyimpan begitu banyak peristiwa di masa lampau dan bulan permulaan bagi mengendapkan harapan dan cita-cita di masa depan, bulan bagi menuangkan resolusi diri agar hidup menjadi berarti, bulan untuk merancang sejarah ummat dimasa kini dan masa depan.

Muharram adalah waktu dan sejarah adalah peristiwa yang terikat dengan waktu. Memaknai sejarah dan muharram adalah proses tafakur, tadzakur dan tasyakur bagi umat Islam khususnya.

Menjelang tahun baru 1433 H ini, Serbasejarah ingin mengajak kepada para sahabat blogger, para pencinta sejarah, para penulis komentar di serbasejarah, para pembaca serbasejarah dan siapapun yang “menengok” di serbasejarah untuk membuat tulisan dengan tema : “Sejarah dan Muharram“.

Bentuk tulisan bebas, bisa berbentuk artikel, opini,  esai atau feature atau apapun yang tidak termasuk keempat bentuk tulisan diatas. Hanya tulisan BUKAN berupa cerpen apalagi novel, bukan puisi atau sajak, bukan kolom iklan produk atau pariwara.

Tema : “Sejarah dan Muharram” bisa dikembangkan secara luas, bisa tentang pengalaman pribadi, lingkungan sekitar, tentang sejarah bangsa ataupun dunia. Bisa tentang masa lalu, kini atau harapan masa depan. Tulisan merupakan karya sendiri bukan hasil copy paste, dan bila ada referensi harap dicantumkan.

Yuuk ! Menulis …..

  • Bagi para blogger yang mau ikut gabung menulis tentang “Sejarah dan Muharram” bisa di daftarkan via kolom komentar dengan cukup mencantumkan link-nya.
  • Bagi para pembaca serbasejarah yang mau ikut gabung menulis, bisa dikirim ke email serba sejarah via alamat : scepot@ymail.com
  • Bagi temen-temen jamaah fesbukiyah bisa di inbox di kesini : http://www.facebook.com/Kopralcepot
  • Pendaftaran tulisan sejak hari ini dan ditutup tanggal 10 Desember 2011 jam 23.50 wib.

Ada 5 Buku “Manhaj Bernegara dalam Haji” Karya “Muhammad Rasuli Jamil” yang  hendak kami hadiahkan kepada tulisan yang terbaik.

* Untuk tulisan yang terbaik dari para sahabat serbasejarah akan kami posting di sini.

* Hatur tararengkyu atas partisipasinya