Sorry, GeoCities has closed.

Ditutupnya layanan GeoCities (Free) oleh Yahoo! bukanlah berita baru, terhitung sejak 26 Oktober 2009 layanan ini tak bisa diakses kembali, banyak link yang sudah di “Bookmark” menjadi sia-sia saat dibuka karena yang di dapat jawaban “Sorry, GeoCities has closed” :( , sungguh disayangkan padahal banyak artikel yang bermanfaat telah banyak di posting sebelum era nge-Blog atawa mikroblog menjamur seperti sekarang ini.

Hari ini tanpa sengaja saat “tanya-tanya” Mbah nGoogle si baek banget, kaget bin ngarenjag’s ternyata artikel yang pernah nongol di “Geocities” kembali nampang di “Reocities“. Alhamdulillah ternyata artikel-artikelnya masih utuh dan salah satunya ada di sini ….

Catatan :

ReoCities adalah proyek serupa Web Archive, namun khusus mengarsipkan situs-situs di GeoCities. Pengembang situs ini menganggap GeoCities sebagai monumen web yang berharga dan perlu dilestarikan, dan penutupannya oleh Yahoo! disamakan dengan pemusnahan situs-situs bersejarah di Afghanistan oleh tentara Taliban, dengan alasan agama.

Tentu saja, karena sifatnya arsip, maka halaman-halaman yang ada tidak bisa diedit, ditambah, atau dihapus. Satu-satunya yang berubah adalah alamat URI dari geocities ke reocities. Bagi pemilik situs di GeoCities, diharapkan untuk menandatangani petisi yang ada di situs ini, agar Yahoo! mengembalikan arsip GeoCities bisa diakses secara online kembali. Ikuti juga kronologi pengarsipan GeoCities ke ReoCities (dalam Bahasa Inggris)

Dan ternyata ada situs lain yang mengarsipkan situs-situs eks GeoCities, yaitu OoCities. Hebatnya, oocities mempertahankan URI dengan id Yahoo!. Dari wikipedia, didapatkan alamat GeoCities.ws, yang juga mengarsipkan situs-situs GeoCities. Dengan mendaftarkan diri di situs ini (gratis!), Anda bahkan bisa mengedit situs GeoCities Anda!. Satu situs lagi yang melakukan hal serupa dalah GeoCiti.es. (sumber)

Butuh waktu dan kesabaran untuk cari artikel-artikel lainnya dari bekas Geocities … so semangat always ;)

About these ads

20 pemikiran pada “Sorry, GeoCities has closed.

  1. aku pernah naruh file di Geocities.yahoo.com tapi itu sudah lama sekali sekitar tahun 2003-2004. disana aku taruh file yang format html, kalo sekarang suruh bikin dan buka lagi sudah gak sangup karena itu baru tahap belajar.
    salam hangat serta jabat erat selalu dari tabanan

  2. Wah tengkyu Kop! dulu aku sempat juga ngborkmark halaman ini, tapi setelah penutupan geocities, Hilang tak berbekas dan aku juga ga berusaha mencari. tapi begitu buka site Kopral, ketemu disini. Sekali lagi tengkyu Kop! Langsung diborkmark.

  3. ReoCities adalah proyek serupa Web Archive, namun khusus mengarsipkan situs-situs di GeoCities. Pengembang situs ini menganggap GeoCities sebagai monumen web yang berharga dan perlu dilestarikan, dan penutupannya oleh Yahoo! disamakan dengan pemusnahan situs-situs bersejarah di Afghanistan oleh tentara Taliban, dengan alasan agama. :lol: seharusnya di Irak oleh Tentara Amerika Serikan, dengan alasan dugaan bahwa di situ ada bom nuklir. :lol:

  4. sedih dech pas denger berita ini beberapa waktu lalu. soalnya situs bikinan saya pertamakali ada di geocities … belom sempet dikasih domain passwordnya udah hilang hehehe … jadi enggak di terusin lagi bikinnya …

بسم الله الرحمن الرحيم

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s