Tahun yang Tak Pernah Berakhir (Silaken Donlot Bukunya ..)

“Andaikata buku ini hadir dalam satu sosok pribadi, aku akan menyongsongnya dengan rangkulan erat dan jabat tangan bangga, dan kemudian bergandeng tangan berjalan bersama ke depan. Berjalan untuk membangun sekaligus menghancurkan jembatan sejarah. Membangun jembatan sejarah antar generasi, sekaligus menghancurkan jembatan sejarah generasi tua yang lapuk.

Dalam hidup yang satu jadi berganda

Pada manusia yang satu jadi berganda

Dalam bahasa manusia tidak ada kata Satu

Dalam bahasa hidup yang satu jadi beribu” (Hersri Setiawan, penulis dan penyair)

Tahun yang tak Pernah Berakhir

Buku ini menjadi semacam dokumentasi ingatan sosial korban yang selama ini tercerai di dalam kegelapan kebohongan. Kebanyakan korban ingin menentang ingatan sosial yang menganggap mereka sebagai setan dan pengkhianat. Mereka ingin mengungkapkan cerita bahwa mereka adalah orang baik, bermartabat, patriotik yang kemudian dikorbankan. Buku ini tidak lantas ingin menampilkan mereka sebagai malaikat, karena merekapun tidak ingin terlihat seperti itu. Mereka ditampilkan sebagai manusia, yang tidak lebih baik atau lebih buruk daripada manusia yang lain, yang tidak pantas diperlakukan seperti apa yang mereka alami. Prinsip para penyusun dan penulis buku ini sederhana saja: tak seorangpun, terlepas dari latar belakang dan masa lalunya, boleh diculik, disiksa, diperkosa, dipaksa bekerja tanpa upah, ditembak mati, dan dikubur dalam kuburan massal atau ditahan tanpa pengadilan atas alasan apapun.

Esai-esai sejarah lisan tentang pengalaman korban 65 yang terangkum dalam buku “Tahun yang Tak Berakhir: Memahami Pengalaman Korban 65, Esai-esai Sejarah Lisan” yang diterbitkan pada 2004 oleh Institut Sejarah Sosial Indonesia bersama Lembaga Studi dan Advokasi Masyarakat (ELSAM) dan Tim Relawan untuk Kemanusiaan (TRK) kini dapat diunduh DISINIH !!!!

Tahun yang Tak Pernah Berakhir
Memahami Pengalaman Korban 65
Esai-esai Sejarah Lisan
© John Roosa, Ayu Ratih, Hilmar Farid
(sumber)

NB : Bagi yang kesulitan nge-Donlot …. boleh coba donlot disinih

TAHUN YANG TAK PERNAH BERAKHIR

met tahun baru 2010

About these ads

21 pemikiran pada “Tahun yang Tak Pernah Berakhir (Silaken Donlot Bukunya ..)

  1. (maaf) izin mengamankan KEDUA dulu. Boleh kan?!
    Kalah cepet lagi sama kang Hanifa.
    Thank atas berbagi, Kang. Lain kali tak ikutan donwload.

    ——————
    Kopral Cepot : Cepetan donlot … ntar keburu di banded ;)

  2. The bandwidth or page view limit for this site has been exceeded and the page cannot be viewed at this time. Once the site is below the limit, it will once again begin serving as normal. :cry:

    ——————–
    Kopral Cepot : gimana dunk … :cry: , sy coba2 lagie td bisa … klo sy uplod lagie kira2 dimana yah? ajarin dunk ;)

  3. asyiiiiikkk…
    sudah bisa diunduh dengan selamat kang…
    maturnuwun… :D
    baru baca cepat. biar diusir, yang penting terus berjuang…

  4. Buku bagus. Pelurusan sejarah yang selama ini ditirai dogma orba. Orang-orang yang hidup teraniaya fisik dan mental karena stigma ngawur yang diberikan didahi mereka. Hormatku pada mereka yang masih bertahan sebagai manusia dan kemanusiaannya. Keparatlah soeharto beserta begundal ornbanya.

  5. Buku bagus. Pelurusan sejarah yang selama ini ditirai dogma orba. Orang-orang yang hidup teraniaya fisik dan mental karena stigma ngawur yang diberikan didahi mereka. Hormatku pada mereka yang masih bertahan sebagai manusia dan kemanusiaannya. Keparatlah soeharto beserta begundal orbanya.

  6. ikut bela sungkawa , ikut berduka – cita bagi keluarga dan mereka yang menjadi korban dari perjalanan sejarah bangsa . tanpa mengurangi dan menambahi rasa prihatin yang dalam bagi yang menderita baik cacat fisik maupun mentalnya semoga diberikan kesembuhan ( fisik dan mentalnya ) dengan bersama mereka akan menjadikanya negara yang kuat , gemah ripah loh jinawi , tidak kurang sesuatu apapun juga . amien yaa robbal alamien –

    salam hyppocrates cerdas !!!

    (doktertoeloes malang).

بسم الله الرحمن الرحيم

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s