anak monyet aja miKIR ..

miKIR euy!

anak monyet aja miKIR ..
anak monyet aja miKIR ..


Tak akan PANIK bagi yang terDIDIK … Tak akan WAs-waS bagi yang CERDAS .. tak akan GENTAR bagi yang PINTAR .. Jadilah Manusia berkualitas. Bila kata jadi SENJATA maka Buah piKIR adalah peluru-peluru yang menembus Neokorteks dan belah dada setiap INSAN (Kopral Cepot )

Sesungguhnya pada kisah-kisah mereka itu terdapat pengajaran bagi orang-orang yang mempunyai akal. Al Quran itu bukanlah cerita yang dibuat-buat, akan tetapi membenarkan (kitab-kitab) yang sebelumnya dan menjelaskan segala sesuatu, dan sebagai petunjuk dan rahmat bagi kaum yang beriman. (Qs. Yusuf (12) : 111)

Menurut Al-Qur’an paling tidak ada empat fungsi sejarah yang terangkum dalam q.s. 11/120, yaitu :

  1. Sejarah berfungsi sebagai peneguh hati
  2. Sejarah berfungsi sebagai pengajaran
  3. Sejarah berfungsi sebagai peringatan
  4. Sejarah sebagai sumber kebenaran

Bagaimana kita bisa menemukan fungsi atawa kegunaan sejarah bagi diri kita? Bagaimana sejarah menjadi sumber kebenaran, meneguhkan hati orang beriman, menjadi peringatan dalam menapaki jalan hidup dan memberikan pengajaran terhadap masa kini dan dalam menatap masa depan. Itu semua hanya bisa kita peroleh manakala kita memikirkan sejarah.

miKIR sejarah

mikir-2Mencari, menggali, menemukan ;  adalah hal yang paling mendasar akan fungsi akal yang merupakan anugrah Ilahi yang diberikan pada setiap insan, dimana setiap insan memiliki hasrat untuk mengetahui sesuatu sehingga tergerak untuk mencari, menggali dan menemukan. Sejarah adalah peristiwa masa lalu yang menjadi misteri manakala tak ada orang-orang yang mencari, menggali, dan menemukan rangkaian peristiwa masa lalu tersebut. Dalam berbagai hal yang lain tanpa hasrat mengetahui tak akan ada upaya kita untuk belajar dan belajar.

Al-Gazali menjelaskan macam-macam arti dan fungsi akal al: Pertama, akal adalah instrumen jiwa yang membedakan manusia dengan makhluk lainnya. Kedua, dengan akal manusia dapat menemukan, mengembangkan, dan mengkonstruksi bahkan menciptakan ilmu pengetahuan. Dan ketiga bahwa dengan akalnya manusia mampu mengendalikan dorongan hawa nafsunya.

kemampuan otakInterest ; rasa keingintahuan tidak hanya melahirkan pengetahuan, mempertanyakan ketidak mengertian tidak hanya berbuah pengertian dan kemengertian, menemukan hal yang kurang dipahami bukan hanya mendapatkan pemahaman dan keterpahaman. Tetapi mendorong kita memiliki rasa ”Interest” atawa minat, ketertarikan. ”Tak kenal maka tak sayang” begitulah kira-kira pepatah yang memberikan refresentasi bahwa minat, ketertarikan, rasa sayang dan cinta bakal tumbuh manakala kita mengenal/mengetahui tentang sesuatu secara mendalam. ”Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarahnya” maka Jasmerah ”Jangan sekali-kali melupakan sejarah”. Sejarah adalah modul pembelajaran supaya kita mencintai bangsa dan negara. Interest/perhatian adalah buah pikir yang tertambat dalam jiwa insan yang menghargai dan mencintai sejarah karena hasil penemuan dan penggalian. Bahkan dalam skala sikap, Interest melahirkan pembelaan terhadap apa yang ditemukan dan diyakininya sebagai suatu kebenaran.

Perhatian (Interest) terhadap sejarah bukan hanya ditampakan dengan “memandang” masa lalu yang termuseumkan, mengagumi keindahan hasil nguKIR generasi terdahulu, ataupun marah ketika sejarah dijarah bahkan diklaim sebagai milik bangsa lain. Tetapi lebih dari itu berupaya agar sang diri mampu mewarisi nilai-nilai philosofi hidup para pendahulu. Karena sang diri bukan milik masa lalu tapi kudu menatap masa depan dengan torehan sejarah yang mampu menjadi ukiran emas masa selanjutnya.

Kebenaran ; pencarian, penggalian dan penemuan akan berbagai hal yang tidak diketahui, tidak dimengerti dan tidak dipahami menjadi tahu, mengerti dan paham maka si Akal akan menemukan apa yang disebut ”KEBENARAN” atawa disebut Kebenaran Aqliyah yaitu kebenaran yang dimengerti dan dipahaminya. Terlepas dari ”sumber kebenaran” yang beragam dijadikan pegangan setiap manusia, terhadap setiap pencarian, penggalian dan penemuan akal yang kemudian dimengerti dan dipahaminya maka si Akal bakal memproklamsikan bahwa itulah kebenaran. Bahkan ”ketidak benaran yang dilakukan secara berulang-ulang pun bakal menjadi sebuah kebenaran”.

Iman ; adalah keyakinan yang tertambat dalam hati sanubari. Apa hubungan sejarah dengan keyakinan atau iman? Bila kita merujuk pada Al-Qur’an bahwa duapertiga isinya Allah memberikan pesan melalui kisah-kisah, maka kisah-kisah yang kita baca dalam Al-Qur’an berisikan perjalanan hidup manusia sejak Nabi Adam yang mengalir sebagai sebuah Sunnatullah pada tiga perjalanan hidup manusia sepanjang masa sesuai Firman Allah dalam Surah Al-Fatihah ayat terakhir:

“(yaitu) Jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepada mereka; bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat” (Qs. Al-Fatihah (1):7)

Maka tengoklah sejarah dan pilihlah perjalanan hidupmu mau seperti apa… dimanapun kita hidup dalam masa bagaimanapun kehidupan itu dilalui maka hukum deterministik sejarah telah mengikat kita untuk menapaki pilihan-pilihan hidup dengan segala resiko yang ditanggungnya. Selamat dan hancurnya sebuah bangsa dan negeri telah Allah kabar beritakan lewat kisah-kisah negeri masa lalu, maka berimanlah dan ambilah pelajaran atas kisah-kisah itu.

Sesungguhnya pada kisah-kisah mereka itu terdapat pengajaran bagi orang-orang yang mempunyai akal. Al Quran itu bukanlah cerita yang dibuat-buat, akan tetapi membenarkan (kitab-kitab) yang sebelumnya dan menjelaskan segala sesuatu, dan sebagai petunjuk dan rahmat bagi kaum yang beriman. (Qs. Yusuf (12) : 111)

mikirReThink ; Inilah hebatnya kemampuan akal. Atas apa yang telah dimengerti, dipahami bahkan sampai pada tataran sudah menjadi sebuah paradigma, akal manusia bisa mengubahnya dan melakukan pemikiran ulang atas semua atawa sebagian yang sudah melekat dalam pikirannya. Dengan proses pembelajaran tanpa henti, akal pikiran bisa merekonstruksi pemahaman-pemahaman baru ataupun pemahaman yang belum dimiliki. Kejumudan adalah stagnasi akal yang musti dihindari karena tidak bakalan menemukan suatu pencerahan baru dan hanya terpaku kepada apa yang dimilikinya dimasa lalu.

Cara berpikir sejarah telah memberikan proses pembelajaran dalam olah miKIR (Mencari,Menggali,Menemukan – Interest – Kebenaran – Iman – ReTink) tiada henti. Memang benar bahwa sejarah adalah masa lalu maka kita hanya perlu MENOLEH MASA LALU UNTUK MENATAP MASA DEPAN. Kenapa “menoleh” atawa “menengok” bukan “menatap”? karena masa lalu adalah sesuatu yang pasti dan sudah terjadi (ketidak pastian masa lalu bukan terletak pada peristiwanya tetapi pada hal yang ditulisnya atau yang disebut tulisan sejarah (Historiografi), tetapi peristiwanya baik yang terungkap maupun yang tidak adalah kejadian yang sudah terjadi dan pasti). Menoleh untuk mengambil pelajaran, menoleh untuk menemukan jejak langkah para pendahulu sehingga generasi kini bisa mewarisi jejak langkah tersebut untuk menatap masa depan.

(dari jejak miKIR kopral bukan jenderal … semoga bermanfaat)
———————————————————————————————————————-

AKU BUKAN UNTUK MASA LALU … TAPI MASA LALU MEMBAWAKU KE MASA DEPAN

“miKIR – dziKIR – nguKIR”

About these ads

48 pemikiran pada “miKIR euy!

  1. tiap kesini, kirain belum di update, ternyata always update. soalnya hanya di lihat tanggal postingan nomor 1 dan 2. ternyata dari yang ketiga adalah yang terbaru. maaf ya om, soalnya gak memperhatikan tanggalnya….selamat berpuasa :)

    1. iya nih …sy lagie mikir gimana supaya keliatan updatenya soalnya tanggalnya hampir ngak keliatan :) .. jd sy hapus satu hlm lekatnya .. jd posting update urutan dua …
      Hatur tangkyu dah ngingetin …

      1. iya nih Kang, kebalik urutan updatenya…saya juga tiap kesini, kirain belum update, ternyata always update

        saya suka sama ayat ini

        Sesungguhnya pada kisah-kisah mereka itu terdapat pengajaran bagi orang-orang yang mempunyai akal. Al Quran itu bukanlah cerita yang dibuat-buat, akan tetapi membenarkan (kitab-kitab) yang sebelumnya dan menjelaskan segala sesuatu, dan sebagai petunjuk dan rahmat bagi kaum yang beriman. (Qs. Yusuf (12) : 111)

      2. yayayaya.. akal pikiran yang JERNIH keluar dari hati nurani yang bersih.. dan sesungguhnya bukalah KITAB dalam DIRIMU.. itulah kitab segala kitab yang dapat menterjemahkan seluruh ILMU tentang HIDUP
        salam sayang

      3. mungkin lebih baik seperti itu om :)
        atau page restnya di perpendek lagi dan dikasih note, tulisan terbaru scroll kebawah. atau apalah gt om, yg penting pengunjung tau kalo updetannya ada dibawah…selamat malam om :)

        ———–
        Kopral Cepot : Hatur tararengkyu kang :)

  2. Assalamu’alaikum,
    Saya sepaham dengan Kopral. Namun kadang ada beberapa orang yang memiliki pemahaman berbeda dengan kita, kalau saya lebih memilih membiarkan mereka dengan keyakinan pemahaman mereka. (selama mereka tidak memaksakan keyakinan pemahaman yg mereka yakini kepada saya). Bagi saya yang penting adalah, apa yang saya yakini, harus berdasarkan Al Quran dan hadits shahih. Terima kasih atas keterangan Kopral Cepot di blog saya yang sangat baik dan lengkap. (Dewi Yana)

      1. Assalamu’alaikum,
        Saya sepaham dengan Kopral. Namun kadang ada beberapa orang yang memiliki pemahaman berbeda dengan kita, kalau saya lebih memilih membiarkan mereka dengan keyakinan pemahaman mereka. (selama mereka tidak memaksakan keyakinan pemahaman yg mereka yakini kepada saya). Bagi saya yang penting adalah, apa yang saya yakini, harus berdasarkan Al Quran dan hadits shahih.
        Salaaaaaaaaaaam

        Komen saha nya ?

  3. Tak akan PANIK bagi yang terDIDIK … Tak akan WAs-waS bagi yang CERDAS .. tak akan GENTAR bagi yang PINTAR .. Jadilah Manusia berkualitas. Bila kata jadi SENJATA maka Buah piKIR adalah peluru-peluru yang menembus Neokorteks dan belah dada setiap INSAN

    Kata siapa ?

    Nucerdik bisa panik mun budakna ceurik hayang piknik
    Nucerdas bisa was-was mun di imah can aya beas
    Nupintar bisa gentar mun ditagih ku bandar
    sanes kitu Kopral ?

    *Sanes&Tak akan PANIK bagi yang terDIDIK … Tak akan WAs-waS bagi yang CERDAS .. tak akan GENTAR bagi yang PINTAR .. Jadilah Manusia berkualitas. Bila kata jadi SENJATA maka Buah piKIR adalah peluru-peluru yang menembus Neokorteks dan belah dada setiap INSAN *
    Pangwalerkeun

    1. Saya sepaham dengan Kopral. Namun kadang ada beberapa orang yang memiliki pemahaman berbeda dengan kita, kalau saya lebih memilih membiarkan mereka dengan keyakinan pemahaman mereka. (selama mereka tidak memaksakan keyakinan pemahaman yg mereka yakini kepada saya). Bagi saya yang penting adalah, apa yang saya yakini, harus berdasarkan Al Quran dan hadits shahih.
      Salaaaaaaaaaaam

  4. Tak akan PANIK bagi yang terDIDIK … Tak akan WAs-waS bagi yang CERDAS .. tak akan GENTAR bagi yang PINTAR .. Jadilah Manusia berkualitas. Bila kata jadi SENJATA maka Buah piKIR adalah peluru-peluru yang menembus Neokorteks dan belah dada setiap INSAN

    Kata siapa ?

    Nucerdik bisa panik mun budakna ceurik hayang piknik
    Nucerdas bisa was-was mun di imah can aya beas
    Nupintar bisa gentar mun ditagih ku bandar
    sanes kitu Kopral ?

  5. Salam Kenal,

    satu-satunya SUMBER-SEJARAH… SANG ADI KODRATI…
    satu-satunya MUARA-SEJARAH… SANG ADI KODRATI…

    SANGKAN PARANING DUMADI…
    apabila dikupas dan diurai…
    Isinya : SERBA SEJARAH…

    Semoga GETAR Blog ini menebarkan Resonansi kalangan Muda Generasi penerus Bangsa di Persada NKRI…

    Namun…ada pembelokan sejarah, ada pemalsuan sejarah…
    Serta banyak yang TAKUT SEJARAH…

    Rahayu…Karaharjan

    ————————
    Kopral Cepot : Hatur tangkyu dan salam kenal :)

  6. salam kenal bro.

    tiap kalimat dalam kali maknanya, ampir 1 harian juga aku bacanya.:d

    nice posting bro.
    ada award tukmu bro, coba liat di blogku cara masukkan awardnya.

    ——————
    Kopral Cepot : hatur tengkyu … baru kenal dah dapet award :)

  7. Assalamu’alaikum,
    Kopral Cepot, terima kasih ya… atas dukungannya terhadap buku ke tiga saya, kalau Kopral mau nulis buku, saya akan sangat senang sekali, karena saya lihat tulisan Kopral bagus-bagus semua, wawasan Kopral juga luas sekali, ini potensi yg sangat mendukung. Dengan pengetahuan yg begitu luasnya, InsyaAllah Kopral tidak akan menemukan kendala dalam menulis buku. (Dewi Yana)

    —————
    Kopral Cepot : Wa’alaikum salam … hatur tangkyu dukungannya :)

  8. RAIHLAH “JATI DIRI MANUSIA”.. untuk MENGEMBALIKAN JATI DIRI BANGSA INDONESIA
    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabatku terchayaaaaaaaaaank
    I Love U fuuulllllllllllllllllll

  9. __kang..bukunya dah ada ia???mau dong bri..hahay..__

    __klo dah terbit mau beli sama komandan sibri ;) __

    __kang omalbertkan nemuin teori relativitas, tp malah jd bom maut kan kang??__

    __gara2 org amerika siaul kang..teorinya mlh di slhprakteknya__

    __akhirnha….duar hiroshima nagasaki abis..rata__

  10. assalamualaykum,

    lama tak berkunjung.. semakin tertinggal jauh nih kopral yang tersayang…
    Saya jadi mikir… karena jarang dzikir, bagaimana mungkin akan ngukir… Banyak pelajaran dari sini. Dari hidup bersama Kopral Cepot.

    Insan sejati selalu berbuat bukan diam. Bukan menunggu reaksi lalu beraksi. Seperti Kopral Cepot yang selalu beraksi tanpa peduli reaksi orang. Merdeka!

  11. Seperti di daerah kami sekarang yg baru mulai menyadari akan pentinya sejarah. Keterlambatan kesadaran ini akhirnya ditebus dgn mahal, tidak ada catatan tentang masa lalu yg tersimpan. Kalaupun ada konon katanya ada di negara Belanda. Sejarah memang penting ya kang….

  12. ass. zeitgeist masa lalu beda dengan zeitgeist hari ini (kotemporer), jangan pernah menafsirkan masa lalu dengan jiwa zaman hari ini, itulah deviasi histori. karena sejarah bukan hanya uraian peristiwa masa lalu, tapi rangkaian kejadian-kejadian yang terjadi di masa lalu yang membentuk sebuah “pola” sehingga menuju sebuah titik kesempurnaan. “pola” inilah yang mesti manusia pake, bukan kejadiannya. That’s ‘Ibroh (12:111).
    akang cepot hanya menjelaskan tt heuristik (mencari, menemukan,menggali), tapi sesungguhnya yang dikonsumsi ummat saat ini adalah deviasi histori, bukan Truth History, karena ada historiographi yang dismpangkan. Itu yg saya tangkap dari judul akang diatas. solusinya adalah lakukan heuristik – metode penelitian – interpretasi – historiograpi, jgn setengah2, agar tercapai “pola”. wass

بسم الله الرحمن الرحيم

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s