SEJARAH ADALAH REKONSTRUKSI MASA LALU.

Pernahkah anda bermain-main dengan batang korek api? Sekalipun batang korek api itu terserak-serak tidak jelas bentuknya, Anda harus menyusunnya jadi petakan-petakan, orang-orangan, rumah-rumahan, dan sebagainya.

Ada definisi sejarah yang tautologis yang mengatakan bahwa sejarah ialah apa yang dikerjakan sejarawan. Tautologi ini menegaskan bahwa sejarawan mempunyai kebebasan dalam merekonstruksi.  Yang mengikat sejarawan hanya „batang korek“ yang berupa fakta sejarah. Perumpamaan lain, sejarawan itu seperti dalang, ia dapat memainkan apa saja. Akan tetapi, ia dibatasi oleh wayang dan lakon. Taruhlah wayang sebagai fakta, dan lakon itu sebagai tema yang dipilih oleh sejarawan.

Apa yang direkonstruksi sejarah ? Ialah apa saja yang sudah dipikirkan, dikatakan, dikerjakan, dirasakan, dan di alami orang. Sejarawan dapat menulis apa saja, asal memenuhi syarat untuk di sebut Sejarah. Jangan dibayangkan membangun kembali masa lalu itu untuk kepentingan masa lalu sendiri; itu antikuarianisme dan bukan sejarah. Juga jangan dibayangkan masa lalu yang jauh.

About these ads

4 pemikiran pada “SEJARAH ADALAH REKONSTRUKSI MASA LALU.

  1. pada suatu ketika, ada diklat para sarjana jurusan Sejarah. para peserta tiba-tiba melihat dengan mata kepalanya sendiri ballpoint sang narasumber jatuh.
    tak lama bolpoint itu diambil lagi oleh narasumber. sambil bertanya, apa yang telah terjadi.
    kontan dijawab oleh peserta, ballpoint anda jatuh, ada lagi yang bilang ball point anda terjatuh.

    dengansenyum, si profesor bilang. wah… anda ini pakar sejarah semua, dan saksi sejarah, tapi tidak bisa memahami apa yang sesungguhnya terjadi.
    yang benar adalah ” Saya telah dengan sengaja menjatuhkan ballpoint saya.”.

    ——————–
    Kopral Cepot : Good point … hatur tararengkyu ;)

    1. wah, menarik sekali ya. sepertinya saya kalau ada di kesempatan yang sama seperti itu akan pasti dikatain pakar sejarah dan saksi dah. ha ha ha

بسم الله الرحمن الرحيم

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s