Biar sejarah yang bicara …….

Menggali jejak sukma nagara | Mengibas cakrawala mengepak mayapada | Melesatkan pikiran yang tak tembus peluru | Membiarkan hati bersuara

Hari Terakhir Kartosoewirjo

Misteri eksekusi wafatnya Imam dan Pimpinan Darul Islam/Tentara Islam Indonesia (DI/TII) Soekarmadji Maridjan Kartosoewirjo terungkap. Selama 50 tahun, pemerintah Soekarno dan Soeharto menyembunyikan lokasi eksekusi sang Imam.

Selama ini Kartosoewirjo dipercaya masyarakat dieksekusi dan dikubur di Pulau Onrust, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Bahkan ada makam yang disebut sebagai makam sang imam di sana. Ternyata salah besar.

Adalah sejarawan dan budayan Fadli Zon yang membuka misteri yang tersimpan 50 tahun lalu itu. Lewat buku ‘Hari terakhir Kartosoewirjo: 81 Foto Eksekusi mati Imam DI/TII’, terungkap Kartosoewirjo dieksekusi mati dan dikuburkan di Pulau Ubi, Kepulauan Seribu.

Sebenarnya saya belum liat apalagi baca buku ini. Buku ini baru akan diluncurkan oleh sang penulisnya Fadli Zon di Taman Ismail Marzuki hari ini. Hasil ngintip dari websitenya Fadli Zon, sedikit keterangan tentang buku “Hari Terakhir Kartosoewirjo

Buku ini ditulis dengan tujuan utama mengangkat sebuah fakta sejarah mengenai salah satu episode terpenting dalam perjalanan hidup Sekarmadji Maridjan Kartosoewirjo. Fakta-fakta ini jarang sekali, untuk mengatakan tak pernah sama sekali, terungkap oleh sejarawan Indonesia maupun peneliti asing baik dalam catatan mereka atau dalam publikasi ilmiah kesejarahan Indonesia. Inilah detik-detik akhir kehidupan Kartosoewirjo yang dieksekusi mati pada 12 September 1962. Peristiwa itu terjadi persis 50 tahun lalu.

Hingga buku ini ditulis dan diterbitkan, sudah puluhan bahkan ratusan publikasi yang mencatat baik langsung maupun tak langsung ulasan tentang perjalanan hidup Kartosoewirjo ataupun jejak sepak terjangnya dalam gerakan DI/TII (Darul Islam/Tentara Islam Indonesia). Namun, berdasarkan hasil penelusuran saya, belum ada satupun di antara publikasi tersebut yang memuat fakta yang dituangkan dalam buku ini. Sebuah fakta yang berbicara sendiri dengan bahasa gambar.

Fakta yang disajikan dalam buku ini belum pernah diangkat di media manapun. Publikasi yang ada mengenai Kartosoewirjo, banyak yang sudah secara detail memaparkan perjalanan hidupnya, pemikiran politiknya, sepak terjangnya dalam kancah gerakan nasionalisme Indonesia, perannya dalam gerakan DI/TII, hingga cerita mengenai tertangkap sampai wafatnya Kartosoewirjo.

Inilah beberapa foto yang berhasil diboyong kemari dari kaskus.co.id yang bersumber dari buku “Hari Terakhir Kartosoewirjo”

~ Sholat Tobat sebelum eksekusi~

~Foto Eksekusi SMK~

~ Tembakan terakhir dari komandan regu tembak~

“Buku ini ditulis dengan tujuan utama mengangkat sebuah fakta sejarah penting dalam perjalanan hidup Sekarmadji Maridjan Kartosowirjo. Inilah detik-detik akhir kehidupan Kartosoewirjo yang dieksekusi mati pada 12 September 1962,” jelas Fadli dalam bukunya.

“Tepatnya 7 Agustus 2010 saya mendapatkan koleksi foto-foto tersebut. Setelah saya selesai acara Java Auction (lelang benda-benda filateli dan numismatik) di Hotel Redtop, ada seorang kolektor yang menawarkan koleksi foto Kartosoewirjo. Koleksi foto ini adalah artefak sejarah yang penting,” tulis Fadli.

Artikel terkait :

  1. Hari-hari Terakhir ~Tah Ieu teh Hudaibiyah~
  2. Makam Imam Kartosoewirjo Dikeramatkan
  3. Yang Tersisa Dalam Cerita
About these ads

43 comments on “Hari Terakhir Kartosoewirjo

  1. MUSIK+
    September 5, 2012

    ada ebook nya nggak ya bang, pengen baca neeh hehehe

    • Kopral Cepot
      September 5, 2012

      Yg gratisan belon ada bro… baru loncing :lol:

  2. arhsa
    September 5, 2012

    waduh, dah ada yang komen, kirain pertamax he…
    kira-kira beliau bisa jadi pahlawan nasional ga ya?
    tolong pangjwabkeun Kopral

    • Kopral Cepot
      September 5, 2012

      Bisa…….. tapi mungkin butuh 50 Th lagi kayaknya :) ……… soalnya yg punya “nasionalnya” Soekarno-Hatta aja belon jadi pahlawan nasional

    • Nama
      September 6, 2012

      Memangnya apa jasanya untuk negara selain mengacaukan sistem yang ada yang menganut kebijakan 5 agama (saat itu)?

      • Kopral Cepot
        September 6, 2012

        Waduuuh… kalo kepingin tau jasanya hrs obrak-abrik dulu buku sejarah. Minimal obrak-abrik blog ini :)

      • arhsa
        September 7, 2012

        waduh, baca bukunya jangan cuma sejarah indo doang…

      • Abu Rayan
        September 7, 2012

        orang bodoh ikutan komen

  3. yengkigabileka
    September 5, 2012

    Reblogged this on yengkigabileka.

  4. Chaerul Arif
    September 5, 2012

    kunjungan pertamax kang cepot….nice artikel….membuka cakrawala baru ttg sejarah di mata sayahnya….sukses slalu dan salam hangat dari sayahnya…. :-)

    ———–
    Kopral Cepot : Hatur tangkyu ;)

  5. MSF
    September 5, 2012

    “Inna lillahi wa inna ilaihi rajiun.
    kullu nafsin zaiqatul-maut”
    Yang-Maha Kekal hanya Allah Azza wa Jalla.
    Tugas beliau telah selesai.
    Syahadah telah diperolehnya.

    ———
    Kopral Cepot : Amin Ya Robbal ‘Alamin

  6. elSa
    September 5, 2012

    kang cepot sepertinya tertarik sekali dengan tokoh sejarah satu ini ya?, tulisan 2 tentang beliau lumayan banyak dan “antik” di blog serba sejarah..

    ———–
    Kopral Cepot : ;)

    • elSa
      September 6, 2012

      hahahaha ;-).. btw,,ada kaitannya ga tuh, keluarnya buku ini, dengan maraknya kembali isu terorisme akhir2 ini ?

      • Kopral Cepot
        September 6, 2012

        Pertamax… masyarakat itu mudah lupa, jd harus slalu di ingatkan… dan ingatan yg paling mudah dengan “peristiwa atau kejadian” secara teori disebut “bulsit” alias timbulkan situasi..
        Ketua… sejarah slalu bicara “momentum”…
        Kacugax…. manusia slalu mencari yang namanya “azas manfaat” sehingga muncul siapa memanfaatkan siapa.
        Ketoprax …. Peristiwa… Momentum… Manfaat… tinggal di bolak-balik saja.

        • elSa
          September 6, 2012

          berkaca dari respon org2 yg nonton tipi bareng2 saya,,jiga na aya kalimax…autis dan apatis..udah bosen kali ya ama berita di tipi, korupsi-teror-kampanye teu beres2..

          ———–
          Kopral Cepot : Sami atuh… abdi ge nonton sinetron janten apatis :lol:

  7. Ilsa Kanser
    September 5, 2012

    Pada tanggal 05/09/12, Biar sejarah yang bicara …….

  8. Gusti 'ajo' Ramli
    September 5, 2012

    akhirnya nemu fotonya disini… gak sabaran utk ngeliat dan baca buku aslinya… :)

  9. dt malang.
    September 6, 2012

    sebaris kalimat ” foto2 yang amat sangat bermakna dan bernilai sejarah “.

  10. Huru Hara
    September 6, 2012

    uyah dibayar ku uyah…nyawa di bayar ku nyawa..tungguan pangwalesan na, eta nu nembak harepen beungeut bapa masih hirup keneh, nyeri aing mah….

  11. Raden BRONTOSENO
    September 6, 2012

    interupsi bung kopral ” yang namanya bung fadli zon menemukanya foto2 tersebut pada waktu ……………dst.nya dst.nya bertempat di hotel REDTOP , yang saya tanyakan dimana lokasi dan letak hotel redtop tersebut yaa bung kopral ” thank’s ..

    ———–
    Kopral Cepot : Kalau Redtop Hotel Jakarta Jl. Pecenongan 72 …. tp ngak tau Redtop jakarta atau bukan

  12. Irf
    September 6, 2012

    setiap kejadian besar pasti ada saksi yang tak kan pernah terhapus oleh kemajuan zaman

  13. Ibnu Sunarka
    September 7, 2012

    Seperti halnja kita orang tahoe, daripada fikiran jang ditoelisken di itoe sedjarah miliknja mereka jang berkoeasa. Sehingganja Kita orang tamtoe beriken ketjermatan didalem membatjahnja. Betoel ?

  14. Abu Husznul
    September 7, 2012

    Pelaku sejarah yang sucses….istiqomah sampai akhir hayatnya

  15. Dimas
    September 7, 2012

    Semoga Allah mengampuni segala dosa dosanya dan menerima segala amalan ibadahnya…dan menjadi iktibar bagi kita smua. amin

  16. diko
    September 7, 2012

    NI (buku) keluarnya kapan yah..?

  17. ronal simbada
    September 7, 2012

    aku tidak sedikitpun bersimpatik atas pikiran dan tindakannya.
    apa yang dapat dikagumi darinya dalam konsep NKRI ini

    • co_olaje@yahoo.com
      September 22, 2012

      Kartosuwiryo mengajak kita umat islam ke fitrahnya yaitu menegakkan hukum islam, karena bumi ini milik Allah bukan manusia, jadi Allah-lah yang berhak mengatur melalui hukumNya Al qur’an bukan toghut… faham sampeyan

  18. Kang Baridin
    September 8, 2012

    semoga cepat terwujud cita-cita beliau……..aamiiiin

  19. gogo
    September 9, 2012

    bener, merinding liat foto2nya..
    sbnarnya cita2 beliau baik, nmun caranya yg dipandang oleh negara keliru..

    om cepot, klo udah baca bkunya share isinya disini donk :-D..

    ————-
    Kopral Cepot : Kalo ada rizkinya beli bukunya… mudah2an bisa share. Hatur tangkyu ;)

  20. Diandri Kusumah
    September 11, 2012

    Astaghfirulloh hal adzim.. Ya Alloh.. Ampunilah dosa-dosa ku.. Ampunilah dosa-dosa orang tua ku.. Ampunilah pemimpin bangsa ku hari ini, pemimpin bangsa ku kemarin, dan pemimpin bangsa ku yang akan datang.. Aamiin!

  21. ra Wa Liang Mieng.
    September 11, 2012

    amien….. amien….. amien yaa robbal alamien . ( ra Wa Liang Mieng ).

  22. aldi
    September 18, 2012

    kunjungan pertamxx kang cerpot, banyak fakta yang sebelumnya tidak diketahui umum tentang siapa kartosuwiryo, banyak yang hanya mengenal beliau cuma sebagai pemberontak, tanpa tau jasa2 beliau. nice info..

    nb :
    mahal ga bukunya?

  23. Nur Ain
    September 19, 2012

    Ad Daulatul Islamiyah Melayu

    Darah seorang Pejuang Islam adalah Bibit penyubur
    para pencari Shahid.

    Kami sedang menantikan Tentara Islam yang Tangguh
    Bila saatnya tiba kami akan balas !

  24. ponco
    September 23, 2012

    Ini lah Islam…!! Ajaran yang merusak kehidupan manusia…! Tak ada agama yang begitu terlibat kekacauan diseluruh dunia… kecuali Islam. Orang yang mengamalkan Islam 100%..dijamin akan mampu melakukan bom bunuh diri…dengan tujuan membunuh KAFIR. Kafir adalah siapa saja yang tidak senada dengan ajaran Islam yang dianutnya…Tak peduli ia saudara..orang tuanya sendiri.. tetangga..apalagi orang yang beragama bukan Islam. Lihatlah ajaran Mohammad yang diamalkan oleh Raden Patah…Karto Suwiryo..yang dikuti oleh Baasyir… dilaksanakan oleh Imam Samudera.., Amrozi.., dan sampai kini pemerintah RI disibukkan dengan terorisme Islam..! Berapa Triliun Rupiah habis.. hanya untuk ngurusin ISLAM INI. Tuhan memberikan kemerdekaan kepada orang untuk berlaku apapun… termasuk membuat agama islam ini…Tetapi manusia juga diberi kecerdasan budi pekerti…apakah ajran islam ini bertentangan dengan budi pekerti atau tidak..!!! lihatlah ayat seram ini :

    47.4. Apabila kamu bertemu dengan orang-orang kafir maka pancunglah batang leher mereka. Sehingga apabila kamu telah mengalahkan mereka maka tawanlah mereka dan sesudah itu kamu boleh membebaskan mereka atau menerima tebusan sampai perang berakhir. Demikianlah apabila Allah menghendaki niscaya Allah akan membinasakan mereka tetapi Allah hendak menguji sebahagian kamu dengan sebahagian yang lain. Dan orang-orang yang syahid pada jalan Allah, Allah tidak akan menyia-nyiakan amal mereka.

    Dan orang-orang yang menjaga kemaluannya, kecuali terhadap isteri-isteri mereka atau hamba sahaya yang mereka miliki; maka sesungguhnya mereka dalam hal ini tiada tercela” (QS. Al Mu’minun: 5-6). Ibnu Hazm berkata, “Ayat ini umum, menjaga kemaluan hanya pada istri dan hamba sahaya berarti dibolehkan melihat, menyentuh dan bercampur dengannya.” (Al Muhalla, 10: 33)

    ———–
    Kopral Cepot : Maaf dengan segala hormat… saya coret komentar anda !… untuk komentar anda saya tahu anda punya tempatnya sendiri.. masih untung disini tidak didelet… diforum anda kami tidak boleh komentar sedikitpun !!!! dan OCEHAN INIPUN TAK LAYAK KAMI TANGGAPI !!!

  25. ponco
    September 23, 2012

    MENGAPA MAJIKAN DI ARAB SAUDI DAN TIMUR TENGAH YG MENGGUNAKAN SYARIAT ISLAM BOLEH MEMPERKOSA PEMBANTU TANPA DOSA…TANPA MERASA BERSALAH….?
    karena dijamin ayat ini….!!!

    (QS. Al Mu’minun: 5-6)
    “:Dan orang-orang yang menjaga kemaluannya, kecuali terhadap isteri-isteri mereka atau hamba sahaya yang mereka miliki; maka sesungguhnya mereka dalam hal ini tiada tercela”

    Ibnu Hazm berkata, “Ayat ini umum, menjaga kemaluan hanya pada istri dan hamba sahaya berarti dibolehkan melihat, menyentuh dan bercampur dengannya.” (Al Muhalla, 10: 33)

    APAKAH AJARAN KITAB SUCI INI TAK BERTENTANGAN DENGAN BUDI PEKERTI…!

    ———–
    Kopral Cepot : Maaf dengan segala hormat… saya coret komentar anda !… untuk komentar anda saya tahu anda punya tempatnya sendiri.. masih untung disini tidak didelet… diforum anda kami tidak boleh komentar sedikitpun !!!! dan OCEHAN INIPUN TAK LAYAK KAMI TANGGAPI !!!

بسم الله الرحمن الرحيم

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip Serbasejarah

Serbasejarah Community

RSS Koment tangkyu

  • Komentar di Mempersoalkan “Agama” Sisingamangaraja XII oleh pstruct Juli 30, 2014
    ya,tapi kami orang toba trauma dengan islam,pasukan islam membantai tanah batak,dan kami tidak takluk dengan pedang.dio bakkara bangga dengan keislam anya,itu boleh saja.tapi alangkah baiknya anda belajar cari sejarah pengislaman tanah batak,walaupun kontroversial tapi jelas lebih mendekati dari pada sejaran yang di tulis pemerintah
    pstruct
  • Komentar di Mempersoalkan “Agama” Sisingamangaraja XII oleh pstruct Juli 30, 2014
    betul sekali poang,kita tau siapa yang tukang klaim,bagaimana mungkin sisingamangaraja itu islam,apakah begitu bodohnya ompui lupa tanah batak di bantai islam,yang jauuuuuuh lebih mengerikan dari belanda.
    pstruct
  • Komentar di Perang Jawa-3 ; 1825 – 1830 Perjuangan Islam Melawan Penjajah oleh hendriwibowo Juli 29, 2014
    Habis baca artikel Makasih artikelnya. Lebih membuka mata saya bahwa, jadi tertarik menelisik lebih jauh. Beberapa dokumen lain dari wikipedia, unesco, ternyata mendukung fakta liputannya natgeo bahwa perang diponegoro ternyata skalanya besar dan masif. Thxs buat artikelnya -yang Lebih membuka mata saya bahwa perang ini lebih dari sekedar urusan patok jalan. […]
    hendriwibowo
  • Komentar di Cerita Amriki di PRRI dan CIA di Permesta oleh Tri Jtamadji Juli 28, 2014
    Oh...ternyata gitu to? Selama ini banyak rakyat kita yang di benaknya ( hasil pelajaran resmi ) bahwa mereka adalah murni memberontak demi memisahkan dari NKRI. Namun harus diakui, suka atau tidak suka , ya memang runyam kalau tentara ( secara institusi) masuk ke dunia politik.
    Tri Jtamadji

Ter-apresiasi..

%d bloggers like this: