Biar sejarah yang bicara …….

Menggali jejak sukma nagara | Mengibas cakrawala mengepak mayapada | Melesatkan pikiran yang tak tembus peluru | Membiarkan hati bersuara

Tahun yang Tak Pernah Berakhir (Silaken Donlot Bukunya ..)

“Andaikata buku ini hadir dalam satu sosok pribadi, aku akan menyongsongnya dengan rangkulan erat dan jabat tangan bangga, dan kemudian bergandeng tangan berjalan bersama ke depan. Berjalan untuk membangun sekaligus menghancurkan jembatan sejarah. Membangun jembatan sejarah antar generasi, sekaligus menghancurkan jembatan sejarah generasi tua yang lapuk.

Dalam hidup yang satu jadi berganda

Pada manusia yang satu jadi berganda

Dalam bahasa manusia tidak ada kata Satu

Dalam bahasa hidup yang satu jadi beribu” (Hersri Setiawan, penulis dan penyair)

Tahun yang tak Pernah Berakhir

Buku ini menjadi semacam dokumentasi ingatan sosial korban yang selama ini tercerai di dalam kegelapan kebohongan. Kebanyakan korban ingin menentang ingatan sosial yang menganggap mereka sebagai setan dan pengkhianat. Mereka ingin mengungkapkan cerita bahwa mereka adalah orang baik, bermartabat, patriotik yang kemudian dikorbankan. Buku ini tidak lantas ingin menampilkan mereka sebagai malaikat, karena merekapun tidak ingin terlihat seperti itu. Mereka ditampilkan sebagai manusia, yang tidak lebih baik atau lebih buruk daripada manusia yang lain, yang tidak pantas diperlakukan seperti apa yang mereka alami. Prinsip para penyusun dan penulis buku ini sederhana saja: tak seorangpun, terlepas dari latar belakang dan masa lalunya, boleh diculik, disiksa, diperkosa, dipaksa bekerja tanpa upah, ditembak mati, dan dikubur dalam kuburan massal atau ditahan tanpa pengadilan atas alasan apapun.

Esai-esai sejarah lisan tentang pengalaman korban 65 yang terangkum dalam buku “Tahun yang Tak Berakhir: Memahami Pengalaman Korban 65, Esai-esai Sejarah Lisan” yang diterbitkan pada 2004 oleh Institut Sejarah Sosial Indonesia bersama Lembaga Studi dan Advokasi Masyarakat (ELSAM) dan Tim Relawan untuk Kemanusiaan (TRK) kini dapat diunduh DISINIH !!!!

Tahun yang Tak Pernah Berakhir
Memahami Pengalaman Korban 65
Esai-esai Sejarah Lisan
© John Roosa, Ayu Ratih, Hilmar Farid
(sumber)

NB : Bagi yang kesulitan nge-Donlot …. boleh coba donlot disinih

TAHUN YANG TAK PERNAH BERAKHIR

met tahun baru 2010

About these ads

21 comments on “Tahun yang Tak Pernah Berakhir (Silaken Donlot Bukunya ..)

  1. حَنِيفًا
    Desember 30, 2009

    @Kang
    Banyak yang donlot, jadi nggak kebagian benwit :(

    —————–
    Kopral Cepot : Untunglah orang2 yg beruntung ;)

  2. alamendah
    Desember 30, 2009

    (maaf) izin mengamankan KEDUA dulu. Boleh kan?!
    Kalah cepet lagi sama kang Hanifa.
    Thank atas berbagi, Kang. Lain kali tak ikutan donwload.

    ——————
    Kopral Cepot : Cepetan donlot … ntar keburu di banded ;)

  3. majorprad
    Desember 30, 2009

    udah buru-buru donlot kang… tetep aja… gak kebagian benwit ;P

    • kopral cepot
      Desember 31, 2009

      ah masa … sy coba donlot lagie .. bisa juga ;) pdf-nyah 4.77 MB .. mungkin netnyah lemoot he he he

      • kopral cepot
        Desember 31, 2009

        aq donlot pake DAP ngak ada masalah .. lancar2 sajah ;)

  4. حَنِيفًا
    Desember 31, 2009

    The bandwidth or page view limit for this site has been exceeded and the page cannot be viewed at this time. Once the site is below the limit, it will once again begin serving as normal. :cry:

    ——————–
    Kopral Cepot : gimana dunk … :cry: , sy coba2 lagie td bisa … klo sy uplod lagie kira2 dimana yah? ajarin dunk ;)

    • nusantaraku
      Desember 31, 2009

      Buat domain wordpress yang baru saja Kang (mis: kopraldonlot.wordpress.com) dengan email user yang berbeda (takutnya ntar dibredel oleh wp).
      Sejak beberapa bulan yang lalu, saya menggunakan fasilitas data penyimpanan dari salah satu blog saya (indonesiacountry) untuk data-data gambar/pdf/ dan sejenisnya.

      Lalu, upload saja (http://kopraldonlot.wordpress.com/wp-admin/upload.php

  5. yayat38
    Desember 31, 2009

    Nasib saya sama dengan kang Haniifa, Kang duh teu kabagean :(

  6. Fitri
    Desember 31, 2009

    Aku belum download.

  7. tomy
    Desember 31, 2009

    bandwithnya dah limit :cry:

  8. nusantaraku
    Januari 1, 2010

    Happy New Year.
    May All Good Wishes Will Accomplished.
    And all of kind intention produce right action for gain human being.

  9. majorprad
    Januari 2, 2010

    asyiiiiikkk…
    sudah bisa diunduh dengan selamat kang…
    maturnuwun… :D
    baru baca cepat. biar diusir, yang penting terus berjuang…

  10. majorprad
    Januari 2, 2010

    ditungguuuu buku garatisannya lagi kang…
    he…he…he… kan enak disinih gak enak disonoh… :P

  11. sedjatee
    Januari 6, 2010

    pamit donlot Kopral… thanks atas sajiannya…

    sedj

  12. itempoeti
    Februari 4, 2010

    kejujuran untuk mengakui kesalahan masa lalu adalah pintu untuk memperbaiki masa depan…

  13. caesarina
    Oktober 25, 2012

    Buku bagus. Pelurusan sejarah yang selama ini ditirai dogma orba. Orang-orang yang hidup teraniaya fisik dan mental karena stigma ngawur yang diberikan didahi mereka. Hormatku pada mereka yang masih bertahan sebagai manusia dan kemanusiaannya. Keparatlah soeharto beserta begundal ornbanya.

  14. caesarina
    Oktober 25, 2012

    Buku bagus. Pelurusan sejarah yang selama ini ditirai dogma orba. Orang-orang yang hidup teraniaya fisik dan mental karena stigma ngawur yang diberikan didahi mereka. Hormatku pada mereka yang masih bertahan sebagai manusia dan kemanusiaannya. Keparatlah soeharto beserta begundal orbanya.

  15. doktertoeloes malang
    Oktober 25, 2012

    ikut bela sungkawa , ikut berduka – cita bagi keluarga dan mereka yang menjadi korban dari perjalanan sejarah bangsa . tanpa mengurangi dan menambahi rasa prihatin yang dalam bagi yang menderita baik cacat fisik maupun mentalnya semoga diberikan kesembuhan ( fisik dan mentalnya ) dengan bersama mereka akan menjadikanya negara yang kuat , gemah ripah loh jinawi , tidak kurang sesuatu apapun juga . amien yaa robbal alamien –

    salam hyppocrates cerdas !!!

    (doktertoeloes malang).

  16. Ping-balik: Bacaan di 2013 | Nia Menulis

بسم الله الرحمن الرحيم

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on Desember 30, 2009 by in Buku dan Aku and tagged , , .

Arsip Serbasejarah

Serbasejarah Community

RSS Koment tangkyu

  • Komentar di Sang Raja Tanpa Mahkota : Hidup Dan Perjuangan HOS Tjokroaminoto oleh Lila sepang (HOS Tjokroaminoto) September 18, 2014
    Halo kopral cepot. Saya lila sepang tjokroaminoto, salah satu perwakilan keluarga besar HOS Tjokroaminoto. Pertama2 menghaturkan terima kasih atas artikel mengenai eyang kami tercinta. Saat ini kami sekeluarga sdg mengumpulkan semua bahan ttg beliau serta browse smw artikel yg ada. Mohon boleh memberi sedikit input. Tgl lahir beliau ya g benar adalah 16 Agus […]
    Lila sepang (HOS Tjokroaminoto)
  • Komentar di Sisingamangaraja XII (1845 – 1907) Pejuang Islam yang Gigih oleh Bhatara Simatupang September 17, 2014
    Mmng kalo kita brbicara sejarah Bangsa Batak baik tokoh maupun adat selalu trbentur dgn Agama. Dr literatur sejarah yg saya baca karangan Lance Castle - Kehidupan Politik Suatu Keresidenan di Sumatera ; TAPANULI, d situ d singgung ttng ajaran dan agama yg d jalankan SM RAJA XII agama "PARMALIM" tp coba kita telaah dari segi dan turunan Bahasa dari […]
    Bhatara Simatupang
  • Komentar di Mempersoalkan “Agama” Sisingamangaraja XII oleh Borpati September 17, 2014
    Benar adanya dan saya sependapat bahwa Sisingamangaraja tidak menganut agama mana pun (tidak: Islam, Kristen, Katholik, Hindu, Budha). Tidak juga agama atau kepercayaan PARMALIM. Perlu dicatat bahwa Istilah "agama/Kepercayaan PARMALIM" baru muncul pasca Sisingamangaraja XII, bersendikan ajaran BATAK asli dan kepercayaan Batak Asli yang dijalankan o […]
    Borpati
  • Komentar di Syarif Hidayatullah; Sunan Gunung Jati oleh Indra Ganie - Bintaro Jaya, Tangerang Selatan, Banten September 17, 2014
    Izinkanlah saya menulis / menebar sejumlah doa, semoga Allaah SWT mengabulkan, antara lain semoga tuhan mempercepat kebangkitan kaum Muslim, memulihkan kejayaan kaum Muslim, melindungi kaum Muslim dari kesesatan – terutama kemurtadan, memberi kaum Muslim tempat yang mulia diakhirat (khususnya Syarif Hidayatullah) – terutama mempertemukan kita di surga dengan […]
    Indra Ganie - Bintaro Jaya, Tangerang Selatan, Banten

Ter-apresiasi..

%d bloggers like this: