Biar sejarah yang bicara …….

Menggali jejak sukma nagara | Mengibas cakrawala mengepak mayapada | Melesatkan pikiran yang tak tembus peluru | Membiarkan hati bersuara

SEKELUMIT KISAH SUNAN KAJENAR atau SYEH SITI JENAR (Bagian : 2)

Oleh : Damar Shashangka

Nama besar Syeh Siti Jenar berkumandang keseluruh wilayah Majapahit dan Pajajaran. Bukan hanya penganut Islam, para pemeluk agama Hindhu dan Buddha-pun sangat menghormati beliau. Sunan Kalijaga sering bertandang ke Pesantren Krendhasawa. Kedua tokoh ini, ibarat kakak adik yang tidak bisa dipisahkan.

Kedekatan dua tokoh besar yang sangat disegani oleh seluruh masyarakat Majapahit, sangat merisaukan Dewan Wali Sangha. Apalagi ketika dua tokoh itu, mengumandangkan ajaran Islam yang mengakui segala persamaan dengan agama lain, Dewan Wali sedikit berang. Dewan Wali Sangha masih menganggap Islam adalah segala-galanya, tidak bisa disamakan dengan agama lain.

Dan ketika Sunan Giri mendengar Syeh Siti Jenar mengajarkan esensi Islam yang sesungguhnya tidak berbeda dengan esensi agama lain, maka diutuslah duta untuk memanggil beliau agar menghadap ke Giri Kedhaton.

Syeh Siti Jenar sengaja mengeluarkan ucapan yang sangat dalam, ucapan esensial kepada kedua utusan Sunan Giri, untuk mencoba mereka, apakah mereka juga telah mendapatkan wejangan serupa dari Sunan Giri? Ternyata, kedua utusan masih mentah. Masih bengong dan kebingungan. Jelas sudah, Dewan Wali Sangha hanya mengajarkan kulit luar Islam. Kulit luar yang akan memicu perpecahan, memicu ego spiritual, memicu sikap eksklusifisme, karena bagaimanapun juga, pada tataran ‘kulit’, pastilah akan tampak perbedaan yang mencolok.Jika tidak didalami, jika tidak ditingkatkan lagi, mereka akan terjebak, terjebak pada kulit semata. Ini bisa menyesatkan. Namun, malahan Syeh Siti Jenar yang dianggap sesat. Menggelikan.

Mendengar Syeh Siti Jenar mengucapkan kata-kata yang sangat tinggi kepada kedua ulama utusan Sunan Giri, Sunan Kalijaga segera bertandang ke Cirebon. Beliau menanyakan kebenaran berita itu. Dan Syeh Siti Jenar membenarkannya. Sunan Kalijaga menasehati, agar berhati-hati mengeluarkan ucapan, karena para pengikut PUTIHAN, banyak yang masih terjebak kulit. Mereka tidak memahami esensi Islam. Dikhawatirkan akan menimbulkan fitnah bagi diri Sang Syeh. Namun Syeh Siti Jenar menjawab itu semua memang beliau sengaja untuk menyentil Sunan Giri. Syeh Siti Jenar tahu, Sunan Giri paham akan ucapan beliau, dan Syeh Siti Jenar ingin melihat reaksi pemimpin Dewan Wali Sangha itu.

Kedua utusan Sunan Giri telah sampai di Giri Kedhaton. Keduanya menghadap Sunan Giri dan kisahpun berlanjut seperti dibawah ini :

Kinanthi

Makaten wiraosipun,
Heh sira dhuta kekalih,
Ingsun mengko tinimbalan,
Ing ngarsa Jeng Sunan Giri,
Matura yen ora ana,
Kang ana Pangeran Jati.

Sakala kawula rengu,
Paran kang dados pamanggih,
Dene ngaken Pangeran,
Ulun nunten den wangsuli,
Sira iku mung saderma,
Ngaturake ala becik.

Wau sapamyarsanipun,
Legeg Jeng Susuhunan Giri,
Jaja bang mawinga-winga,
Kadya age den tedhaki,
Rinapa pra auliya,
Dhuh Sang Ambeg Wali Mukmin.

Den sabar penggalihipun
Inggih katandha rumiyin,
Kekencengane ing tekad,
Gampil pinanggih ing wingking,
Yen sampun kantenan dosa,
Kados boten makalahi.
Leleh ing penggalihipun,
Myarsa sabdaning Pra Wali,
Jeng Sunan Ing Giri Gajah,
Dhuta kinen wangsul malih,
Animbali Syeh Lemah Bang,
Ujare kinen nuruti.

Jangji seba ngarsaningsun,
Ujare ywa mindho kardi,
Dhuta lajeng nembah mesat,
Sampun prapta ing Siti Brit,
Panggih lawan Syeh Lemah Bang,
Nandukken dennya tinuding.

Mring Sunan Giri Kedhatun,
Pangeran dipun timbali,
Sarenga salampah kula,
Pangeran Siti Jenar angling,
Mengko Pangeran tan ana,
Kang ana Syeh Siti Brit.

Dhuta tan sawaleng wuwus,
Sarehning sampun wineling,
Inggih mangkya Syeh Lemah Bang,
Kang wonten dipun timbali,
Ngandika Syeh Siti Jenar,
Pangeran tan amarengi.

Awit Syeh Lemah Bang iku,
Wajahing Pangeran Jati,
Nadyan sira ngaturana,
Ing Pangeran Kang Sejati,
Lamun Syeh Lemah Bang ora,
Masa kalakona yekti.
Dhuta ngungun lajeng matur,
Inggih kang dipun aturi,
Pangeran lan Syeh Lemah Bang,
Rawuha dhateng ing Giri,
Sageda musyawaratan,
Lan sagunging Para Wali.

Pangran Siti Jenar nurut,
Lajeng kering dhuta kalih,
Praptane ing Giri Gajah,
Pepekan kang Para Wali,
Pangeran Ing Siti Jenar,
Anjujug Jeng Sunan Giri.

Lajeng ingandika arum,
Bageya Pangeran kang prapti,
Rawuhe ing ngarsaningwang,
Pangeran Siti Jenar angling,
Dhuh Pukulun sama,
Sama tumeka suka basuki.

Jeng Sunan ngandika arum,
Marma sanak sun aturi,
Kasok karoban ing warta,
Yen andika teki-teki,
Makiki nangkar Ilmu Khaq,
Dadi paguron sabumi.

Ngasoraken Wali Wolu,
Mandar bawa Imam Suci,
Datan asuci Jumungah,
Saestu ngong anjurungi,
Pira-pira sira bias,
Alim ngelem Para Wali.

Pangeran Siti Jenar matur,
Nggen amba purun mbawani,
Medhar Gaibing Pangeran,
Awit Allah sipat Asih,
Asih samining tumitah,
Saben titah angranggoni.

Nganggowa ugering ilmu,
Kang abuntas den atitis,
Sampun ngantos selang sebat,
Mindhak abebingung piker,
Amet ansar dadi sasar,
Karana kurang baresih.

Pedah punapa mbebingung,
Ngangelaken ulah ilmi,
Jeng Sunan Giri ngandika,
Bener kang kaya sireki,
Nanging luwih kaluputan,
Wong wadeh ambuka wadi.

Telenge bae pinulung,
Pulunge tanpa ling-aling,
Kurang waskhitha ing cipta,
Lunturing Ilmu Sejati,
Sayekti kanthi nugraha,
Tan saben wong anampeni.

Pangran Siti Jenar matur,
Paduka amindho kardi,
Ndadak amerangi tatal,
Tetelane ing dumadi,
Dadine saking nugraha,
Punapa boten ngalami.

Sunan Giri ngandika rum,
Yen kaya wuwusireki,
Tan kena den nggo rerasan,
Yen ngebreh amedhar wadi,
Pangeran ora Kuwasa,
Anane tanpa ling-aling.

Endi kang ingaran Luhur,
Endi kang ingaran Gaib,
Endi kang ingaran Purba,
Endi kang ingaran Bathin,
Endi kang ingaran Baqa’,
Endi kang ingaran Lathif.

Endi kang ingaran Besus,
Endi ingaran Birahi,
Yen Baqa’ mbabar walaka,
Bakal bubur tanpa bibit,
Mangka Pangeran Kang Nyata,
Ora kena den rasani.

Pan Ora kena dinumuk,
Anane wahana Gaib,
Matur Pangran Siti Jenar,
Sedya purun amabeni,
Bantahan masalah rasa,
Sinapih kang Para Wali.

Dhuh sanak sekalihipun,
Ywa tansah aben prang sabil,
Prayogi kanyatakena,
Wonten ing nggon kang asepi,
Samun sepen sepi hawa,
Sarahsa saged anunggil.

Wonten kawekasanipun,
Yen mukid yekti karadin,
Jeng Sunan Ing Giri Gajah,
Wrin kedhaping sambaing liring,
Sabdaning Pra Auliya’,
Lajeng angandika aris.

Heh Syeh Lemah Bang,
Sireku aja pijer madoni,
Besuk ing ari Jumungah,
Padha musyawaratan batin,
Yekti katandha kanyata,
Lelere asmareng ilmi.

Terjemahan

(Kata sang duta), Begini jawaban beliau,Hai kalian para duta berdua,
Aku dipanggil menghadap,Dihadapan Sunan Giri,Katakan bahwasanya aku tidak ada,Yang ada PANGERAN JATI (TUHAN YANG SESUNGGUHNYA).

Seketika hamba berdua terkejut, Bagaimana bias berpikiran demikian, Mengaku sebagai PANGERAN (TUHAN),Hamba lantas diberi jawaban, Kalian berdua hanya sekedar utusan, Kewajibannya hanya menyampaikan saja.

Setelah mendengar hal tersebut, Tertegun Jeng Susuhunan Giri, Dada bergemuruh membara,Tidak sabar ingin menemui Syeh Siti Jenar sendiri, Para Auliya (Wali) menyabarkan,Duh yang menjabat sebagai Wali Mukmin ( Wakil para orang-orang beriman ).

Mohon sabarkan hati, Seyogyanya dibuktikan dulu, Apa maksud Syeh Siti Jenar berkata demikian, Gampang memberikan keputusan hukuman kelak, Apabila sudah jelas dosa (kesalahan)-nya, (Dan jika memang sudah terbukti ) tidak menjadi soal lagi untuk menjatuhkan sangsi.

Reda kemarahan (Sunan Giri),Mendengar sabda Para Wali, (Oleh) Jeng Sunan Giri Gajah, Utusan disuruh kembali lagi, Memanggil Syeh Lemah Bang, Apapun yang dikatakan supaya dituruti.

Asalkan bias menghadap kepadaku (Sunan Giri), Jangan sampai mengulang kegagalan, Utusan lantas menghaturkan sembah dan berangkat, (Telah) sampai di Siti Brit, Bertemu dengan Syeh Lemah Bang, (Lantas) menghaturkan maksud mereka diutus kembali.

Oleh Sunan Giri Kedhaton, PANGERAN (TUHAN) dipanggil menghadap, Berangkatlah bersama kami, Pangeran Siti Brit menjawab, Saat ini PANGERAN tidak ada, Yang ada Syeh Siti Brit.

Para utusan tidak membantah perkataan lagi, Karena sudah diwanti-wanti (oleh Sunan Giri), Jikalau sekarang yang ada Syeh Lemah Bang, Syeh Lemah Bang dipanggil menghadap, Berkata Syeh Siti Jenar, PANGERAN (TUHAN) tidak membolehkan.

Sebab Syeh Lemah Bang itu, Wajah Tuhan Yang Sesungguhnya, Walaupun engkau memohon, Kepada Tuhan Yang Sesungguhnya, Namun apabila tidak memohon kepada Syeh Lemah Bang, Sungguh tidak akan terlaksana.

Para utusan terheran-heran lantas berkata, Sesungguhnya yang diharapkan, PANGERAN (TUHAN) dan Syeh Lemah Bang, Bertandang ke Giri, Untuk bermusyawarah dengan segenap Para Wali.

Pangeran Siti Jenar menurut, Dengan diiringi kedua utusan beliau berangkat, Sesampainya di Giri Gajah, Para Wali sudah menanti, Pangeran Siti Jenar, Menghadap Jeng Sunan Giri.

Lantas ( Sunan Giri ) menyambut dengan berkata ramah, Semoga senantiasa sejahtera kepada Pangeran (Siti Jenar), Yang tengah datang dihadapan kami ini, Pangeran Siti Jenar menjawab, Duh yang hamba hormati sama-sama, Sama-sama semoga mendapatkan kebahagian dan keselamatan.

Jeng Sunan (Giri) berkata manis, Sebab mengapa saudaraku aku undang kemari, (Sebab) sangat santer terdengar, Apabila saudaraku tengah ber-olah batin, Mengajarkan Ilmu Khaq ( Ilmu Sejati ), Mendirikan sebuah perguruan (yang sangat terkenal) dimuka bumi.

Mengalahkan Para Wali yang lain, Memegang jabatan sebagai Imam Suci, Kesucian hari Jum’at-pun seolah tertandingi, Benar-benar kami mendukung, Apa saja yang saudaraku kerjakan, Para Wali menyanjung-nyanjung.

Pangeran Siti Jenar berkata, Sebab mengapa hamba berani, Membuka Gaib Tuhan, Sebab Allah bersifat KASIH, KASIH kepada semua makhluk, Setiap makhluk mendapatkannya.

(Hamba hanya ingin) mengajarkan ilmu sesuai dengan ketentuan, Secara lengkap dan gamblang, Jangan sampai asal-asalan, (Sehingga) membuat kebingungan para murid, Memakai ‘kulit’ (syari’at) berlebihan malah akan menyesatkan, Sebab apa yang diajarkan kurang jelas.

Apa untungnya membuat bingung, Mempersulit mereka yang menimba ilmu (Sejati), Jeng Sunan Giri berkata, Benar apa yang kamu katakan, Akan tetapi sangat-sangat dipersalahkan, Manusia yang sembrono membuka rahasia.

Hanya mengambil inti sari, Inti sari diambil tanpa memakai ‘kulit’ apapun, (Hal) itu akan membuat kurang tajam kecerdasan para murid, Turunnya Ilmu Sejati, Sungguh harus disertai anugerah, Tidak setiap orang boleh menerima.

Pangeran Siti Jenar menjawab, Perkatan paduka bertolak belakang (inkonsisten), Seperti hendak menghitung serpihan-serpihan kayu sisa digergaji (artinya : merepotkan), Bukankah sesungguhnya seluruh makhluk, Tercipta karena anugerah, Apakah tidak menyadari?

Sunan Giri berkata manis, Apa yang kamu ucapkan (kepada kedua utusan), Tidak boleh dibuat percakapan, Apabila lancang membuka rahasia, (Maka seolah-olah) Tuhan tidak Maha Kuasa, Keberadaan-Nya seolah-olah tidak rahasia.

Maka seakan-akan tidak ada lagi konsep Keluhuran, Seakan-akan tidak ada lagi konsep Maha Gaib, Seakan-akan tidak ada lagi konsep Maha Berkuasa, Seakan-akan tidak ada lagi konsep Maha Rahasia, Seakan-akan tidak ada lagi konsep Maha Kekal, Seakan-akan tidak ada lagi konsep Maha Halus.

Maka seakan-akan tidak ada lagi konsep Maha Cerdas, Ujung-ujungnya etika moral juga akan rusak, Apabila Maha Kekal ( Al-Baqa’: Bhs. Arab) menjadi Walaka ( Bhs. Sanskerta, yang artinya umum, lumrah, remeh.), Bakalan bubar tanpa benih, Padahal Tuhan Yang Sesungguhnya, Tidak bisa dibuat percakapan.

Tidak bisa diraba dengan tangan kasar, Keberadaannya berada diranah Gaib, Berkata Syeh Siti Jenar, Hendak berniat berdebat tentang Ilmu Rasa ( Ilmu Sejati), (Namun) dilerai oleh Para Wali.

Duh kedua saudaraku, Jangan terus-terusan berdebat, Seyogyanya dinyatakan sendiri ( Hakikat Tuhan itu ), Ditempat yang sepi, Yaitu maksudnya sepinya diri dari hawa nafsu, Dalam kondisi seperti itu pasti akan nyata kesatuan-Nya dengan kita.

Hal ini bisa dicapai, Apabila kita benar-benar telah berpasrah total, Jeng Sunan Giri Gajah, Melihat isyarat leraian, Melalui ucapan Para Auliya’, Lantas berkata lirih.

Heh Syeh Lemah Bang, Jangan hanya bisa membantah, Nanti pada hari Jum’at, Datanglah lagi untuk bermusyawarah tentang Ilmu Bathin, Pasti akan kelihatan nyata, Siapa yang benar-benar memahami Ilmu Sejati.

bersambung

About these ads

10 comments on “SEKELUMIT KISAH SUNAN KAJENAR atau SYEH SITI JENAR (Bagian : 2)

  1. Ping-balik: SEKELUMIT KISAH SUNAN KAJENAR atau SYEH SITI JENAR (Bagian : 1) « Biar sejarah yang bicara ……..

  2. dedekusn
    November 27, 2009

    Kedua ternyata….

    SELAMAT HARI RAYA IDUL ADHA 1430 H, MAAF LAHIR BATIN, SUKSES UNTUK KANG KOPRAL, KANG CEPOT!
    Semoga segala pengorbanan kita mendapat ridho dan pahala yang berlimpah dari Allah SWT.. Amin

    —————-
    Kopral Cepot : Amien ya Rabb

  3. itempoeti
    November 29, 2009

    lanjut lagi Kang Cepot…

  4. Love4Live
    November 29, 2009

    aroma kaum putihan makin kental terasa belakangan ini…

  5. kanjeng banyu ati
    Desember 25, 2012

    Subhanallah pemaparan yang menarik…

    semua memang menuju yang satu…tetapi bagaimanapun semua harus melewati proses dan petujunjuk Allah serta RasulNya….jika yang diajarkan oleh kanjeng Syekh Siti Jenar benar…tentulah Allah dan RasulNya yang pertama lebih benar…

    Syariat itu perlu…baru hakikat…

    jika dibalik tidak mungkin Rasulullah SAW. sebagai NAbi tercinta kekasih Allah mewajibkan sholat, puasa dan zakat kepada para sahabat…jika memang tidak penting…

    sekarang lebih pandai dan pintar mana Kita, Syekh Siti Jenar atau Rasulullah SAW. sendiri…

    karena Agama dan ajaran yang mulia ini diturunkan kepada Beliau….

    lihatlah beliau meskipun telah Allah angkat derajatnya menjadi Rasul yang mulia namun tidak pernah meninggalkan syariat…beliau tetap sholat, puasa dan zakat dan bahkan bangun malam untuk beribadah kepada Allah hingga betis beliau bengkak….

    pantaskah kita yang hanya tau sedikit dari pada NAbinya terus kemudian membuat keputusan sendiri … pintar mana dan benar mana kita , Para Wali dan Rasulullah SAW.

    ikut Allah pasti benar dan terjamin

    ikut Rasul mendapat Syafaat dan terjamin dan dijamin oleh Allah, karena beliau Nabinya, utusanNya dan penyampai AjaranNya

    diluar itu…hanya Allah yang tau…

    Allahu Akbar

    • J.izzan
      Februari 9, 2013

      setuju bgt .. dgn pendpt Anda. gimana kebenaran sejati hanya milik Allah.
      wallahu a’ alam

    • J.izzan
      Februari 9, 2013

      setuju bgt .. dgn pendpt Anda. gimana pun kebenaran sejati hanya milik Allah.
      wallahu a’ alam

    • cahyo
      Desember 13, 2013

      yang pasti benar itu rasamu

  6. AF
    Desember 8, 2013

    sekarang ini rasa nya udh gak ada lagi yg bnr,… gak usah panjang panjang bljr agama lgi yg pling penting skrng mah pahami lah”’ maKLNA UCAPAN DUA KALIMAH SYH H DAT.”’

  7. cahyo
    Desember 13, 2013

    tak tambahi pelajari kata bersaksi

بسم الله الرحمن الرحيم

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip Serbasejarah

Serbasejarah Community

RSS Koment tangkyu

Ter-apresiasi..

%d bloggers like this: